logo CNN Indonesia

Masuk Indonesia, Situs Jobplanet Ungkap Gaji Perusahaan

, CNN Indonesia
Masuk Indonesia, Situs Jobplanet Ungkap Gaji Perusahaan Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius. (Dok. Jobplanet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Situs web informasi pekerjaan dan perusahaan Jobplanet memperluas bisnisnya ke Indonesia di tengah meningkatnya jumlah angkatan kerja, dengan mengandalkan informasi gaji pekerjaan di sebuah perusahaan.

Perusahaan yang beroperasi sejak 2014 asal Korea Selatan itu menyediakan informasi seperti ulasan tentang identitas perusahaan, gaji, kisi-kisi wawancara, serta pemeringkatan terkait kompensasi, manajemen, sampai budaya kerja.

Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius mengatakan, pihaknya ingin menyajikan informasi seperti isi wawancara sampai gaji, yang selama ini dipandang sebagai rahasia oleh pihak perusahaan.

“Dengan ada informasi dari kami, calon pekerja bisa mempersiapkan diri dalam karier yang akan mereka jalani agar tidak salah langkah,” ujar Kemas dalam jumpa pers di Jakarta, Kamis (17/12).

Jobplabet memungkinkan karyawan atau mantan karyawan untuk mengisi ulasan, memasukkan info gaji, dan memberi peringkat di tempat mereka bekerja.

Ulasan ini, kemudian dapat dilihat oleh pengguna lain yang membutuhkan informasi tentang sebuah perusahaan.

Hal ini, menurut Kemas, juga dapat membantu pihak perusahaan, terutama HRD, dalam meningkatkan performa karena membaca langsung pendapat karyawan tentang manajemen atau budaya kerja.

“Informasi ini akan sangat berguna bagi perusahaan dalam menilai tingkat kepuasan karyawan, sekaligus membandingkan kualitasnya dengan perusahaan lain yang bergerak dalam industri yang sama,” ungkap Kemas.

Jobplanet mulai beroperasi di Indonesia sejak bulan Agustus 2015. Hingga awal Desember 2015, layanan ini telah memiliki sekitar 200 ribu anggota dan telah mengumpulkan 80 ribu ulasan dari sekitar 20 ribu perusahaan dalam database-nya. Dengan mengandalkan informasi gaji, Jobplanet bersaing dengan startup lokal Qerja.com.

Saat ini, Jobplanet belum merancang strategi menghasilkan uang dari layanan. Kemas berkata pihaknya sekarang fokus meningkatkan konten, kualitas, dan akurasi informasi.
(adt/tyo)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video