iPhone Kalahkan DSLR di Jejaring Flickr

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 21/12/2015 16:51 WIB
iPhone Kalahkan DSLR di Jejaring Flickr Ilustrasi (lzf/Thinkstock)
Jakarta, CNN Indonesia -- Seiring tumbuhnya produk iPhone dari Apple, ponsel pintar ini nyatanya mengalahkan minat penggunaan kamera DSLR oleh para konsumen untuk kegiatan fotografi.

Jejaring sosial untuk berbagi foto, Flickr baru-baru ini merilis data statistik yang menunjukan 20 peringkat penggunaan device untuk fotografi sepanjang 2015.

Terungkap, iPhone berada di peringkat enam teratas di mana iPhone 6 menduduki posisi nomor satu dengan persentase 5,0 persen. Mengalahkan kamera DSLR, enam posisi teratas setelah iPhone 6 adalah iPhone 5s, 5, 4s, 4, dan 6 Plus.


Menurut laporan statistik Flickr, para konsumen telah menggunakan iPhone lebih sering sejak 2010. Penggunaan iPhone untuk fotografi di dalam situs Flickr pun tercatat telah mengalahkan kamera DSLR profesional sekitar tahun 2014.


Di bawah peringkat iPhone 6 Plus ada kamera Canon EOS D5 Mark II, kemudian diikuti oleh iPhone 5c. Setelahnya baru ditempati oleh Canon EOS Rebel T3i dan EOS D5 Mark III.


Sementara ponsel Android yang tercatat menjadi yang paling banyak digunakan adalah Samsung Galaxy S4 yang berada di peringkat 11 dan Galaxy S5 di peringkat 13.

iPhone 6s dan 6s Plus belum muncul di daftar peringkat Flickr karena dua produk bongsor ini baru diluncurkan pada September kemarin.


Mengutip Business Insider, keduanya yang memiliki resolusi kamera lebih mumpuni yakni 12 MP diprediksi bakal 'mencuri' tempat teratas di tahun 2016.

Untuk jejaring sosial serupa seperti Instagram juga sama, data yang mereka peroleh menunjukan penggunanya kebanyakan merupakan konsumen iPhone dan sisanya menggunakan ponsel Android seperti Galaxy S4.

Pengguna Instagram seperti para selebriti mengaku lebih senang menggunakan iPhone karena kualitas kamera yang dianggap sangat bagus. Beberapa juga mengatakan aplikasinya kompatibel dengan komputer Mac mereka.


(eno)


BACA JUGA