Akses Video Dicekik, YouTube Protes ke Operator

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Rabu, 23/12/2015 15:40 WIB
Akses Video Dicekik, YouTube Protes ke Operator Agar akses dari YouTube tak terlalu besar, operator di AS mengaktifkan program yang membuat semua video hanya bisa diputar pada resolusi rendah.
Jakarta, CNN Indonesia -- T-Mobile, salah satu operator seluler terbesar di Amerika Serikat, mencari cara untuk menekan lalu lintar trafik yang lewat layanan mereka. Salah satunya dengan mengurangi kualitas video di YouTube.

Pengguna yang mengakses YouTube melalui T-Mobile, hanya akan ditawari video dengan resolusi 480p. Sebagian pengguna mungkin puas dengan hal itu, tapi yang jelas hal ini membuat pengelola YouTube marah.

“Mengurangi konsumsi data mungkin baik untuk konsumen. Tapi tidak bisa dibenarkan mencekik semua layanan video tanpa izin khusus,” kata juru bicara YouTube, seperti dikutip Wall Street Journal, Rabu (23/12).



Ya, selain YouTube, program Binge On milik T-Mobile sebenarnya akan mencekik semua streaming video yang terdeteksi. Kecuali beberapa rekanan T-Mobile yang memang sudah dianggap memenuhi kriteria teknis operator seluler tersebut, Netflix, HBO dan Hulu adalah yang masuk dalam pengecualian.

YouTube absen dari daftar putih T-Mobile sejak bulan lalu, sehingga semua video yang ditayangkan hanya akan bisa diputar pada resolusi rendah meski pun pengguna memiliki bandwidth besar.

Aturan itu, menurut YouTube, telah menyalahi aturan dari Federal Communications Commission soal netralitas jaringan. Dalam aturan tersebut dituliskan bahwa penyelenggara Internet dilarang untuk mendiskriminasi trafik Internet dari sumber tertentu, termasuk pembatasan di aplikasi.


Selain Alphabet, pemilik YouTube, aplikasi kompresi milik T-Mobile sebenarnya juga sudah diprotes oleh Asosiasi Internet yang di dalamnya ada Google, Netflix, Amazon, Facebook dan raksasa Internet AS lainnya.

“Menekan data untuk mengurangi biaya sebenarnya sah-sah saja, selama ada pemberitahuan dan pilihan untuk penyedia atau konsumen,” tulis grup tersebut.

T-Mobile masih bergeming soal proses itu. Namun mereka menyediakan pilihan untuk para pelanggannya yang ingin akses datanya tidak dibatasi. Mereka bisa mengubah pengaturan tersebut melalui akun di situs my.t-mobile.com.


(eno)