logo CNN Indonesia

10 Startup Lokal Paling Dicari Pekerja Indonesia

, CNN Indonesia
10 Startup Lokal Paling Dicari Pekerja Indonesia Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius. (Dok. Jobplanet)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan rintisan bidang digital atau startup dari dalam negeri, ternyata menjadi tempat yang jadi incaran para pencari kerja atau bagi mereka yang tertarik mengetahui bekerja di startup, menurut data situs web Jobplanet.com.

Situs yang menyediakan informasi pekerjaan ini mencatat, kunjungan ke halaman yang menyediakan profil dan ulasan soal startup lokal cukup tinggi. Sejauh ini, Jobplanet telah menampung 48 startup dari Indonesia di situs mereka.

Dari 48 startup itu, Jobplanet mencatat ada 10 startup lokal yang paling banyak dilihat profil dan ulasannya oleh pengguna. Data ini didasarkan atas jumlah halaman yang dibuka (pageview) dari total 30.000 halaman berisi profil dan ulasan dari 48 startup selama November 2015.

Hasilnya, Tokopedia merupakan startup lokal yang paling diburu oleh pencari kerja, diikuti oleh Traveloka dan Gojek yang sedang tumbuh agresif. Berikut data lengkap 10 startup yang paling banyak dicari oleh pengguna Jobplanet.

1. PT Tokopedia atau Tokopedia (49,17%)
2. PT Traveloka Indonesia atau Traveloka (12,28%)
3. PT Go-Jek Indonesia atau Go-Jek (12,00%)
4. PT ECart Services Indonesia atau Lazada (8,62%)
5. PT Kreatif Media Karya atau KMK Online (3,90%)
6. PT Darta Media Indonesia atau Kaskus (3,46%)
7. PT Bhinneka Mentari Dimensi atau Bhinneka.com (3,27%)
8. PT Global Digital Niaga atau Blibli.com (2,95%)
9. PT OLX Indonesia atau OLX (2,31%)
10. PT Fashion Eservices Indonesia atau Zalora (2,04%)

Menurut Chief Product Officer Jobplanet Indonesia, Kemas Antonius, selama ini kebanyakan pencari kerja masih mengincar perusahaan besar dan mapan. Mereka memandang startup sebagai perusahaan kurang mapan dan belum bisa memberikan jaminan atau benefit yang cukup untuk mensejahterakan karyawan.

Tapi, dari penelusuran Jobplanet ini memperlihatkan, banyak orang yang ingin mengetahui seluk-beluk bekerja di startup. "Hal ini terlihat dari cukup tingginya jumlah kunjungan ke laman-laman yang berisi profil serta review mengenai startup,” ujar Kemas

Jobplanet sendiri merupakan perusahaan asal Korea Selatan yang baru beroperasi di Indonesia pada Agustus 2015. Hingga pertengahan Desember 2015, mereka telah memiliki sekitar 212.000 pengguna, mendata 21.500 perusahaan, dan telah mengumpulkan sekitar 93.000 ulasan perusahaan dalam database, yang terdiri dari review mengenai perusahaan, informasi gaji, serta kisi-kisi pertanyaan wawancara.
(adt/eno)

0 Komentar
Terpopuler
CNN Video