Apple Beli Perusahaan Kecerdasan Buatan Pembaca Emosi

Aditya Panji, CNN Indonesia | Jumat, 08/01/2016 08:03 WIB
Teknologi kecerdasan buatan yang dikembangkankan Emotient dapat membaca emosi dengan cara menganalisis ekspresi wajah. (REUTERS/Suzanne Plunkett)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple telah mengakuisisi Emotient, sebuah startup yang mengembangkan teknologi kecerdasan buatan untuk membaca emosi orang dengan menganalisis ekspresi wajah.

Emotient mengembangkan teknologi ini salah satunya untuk dijual ke pengiklan yang mau menilai reaksi pemirsa saat melihat sebuah iklan. Teknologi ini juga bisa dijual ke dokter yang memahami tanda-tanda nyeri pada pasien.

Juru bicara Apple mengonfirmasi pembelian ini tetapi menolak untuk mengurai syarat kesepakatan.


“Apple membeli perusahaan teknologi kecil dari waktu ke waktu, dan kita umumnya tidak mengungkap rencana dan tujuan kami,”

Teknologi pengenalan wajah merupakan topik panas di Silicon Valley, di mana perusahaan besar macam Facebook, Alphabet, berlomba mengembangkan teknologi ini dengan dasar kecerdasan buatan.

Emotient, yang berbasis di San Diego, California, sebelumnya mengumpulkan pendanaan US$ 8 juta termasuk dari Intel Capital.

Pada Mei 2015, Emotient mengumumkan mereka telah mendapat paten atas metode pengumpulan dan pelabelan 100 ribu gambar wajah sehari sehingga mesin kecerdasan buatan lebih baik dalam mengenali ekspresi wajah. (adt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK