Riset: Pria di Atas 30 Tahun Lebih Doyan Selfie

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Senin, 18/01/2016 08:33 WIB
Riset: Pria di Atas 30 Tahun Lebih Doyan Selfie Selfie ternyata tak hanya digemari oleh para wanita, pria juga sama. CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina
Jakarta, CNN Indonesia -- Kehadiran ponsel pintar yang dilengkapi kamera depan menjadi salah satu pendongkrak maraknya fenomena selfie. Selfie pun kemudian identik dengan kaum perempuan. Nyatanya hal tersebut tak sepenuhnya benar. 

Sebuah instrumen bernama Selfiexploratory di dalam situs selfiecity.net yang dirancang oleh tim pengembang, mampu menganalisis tren selfie dari berbagai negara melalui publikasi Instagram.

Dari instrumen tersebut, para analis mengamati 3.840 foto publik, foto selfie kaum perempuan sejatinya mendominasi di sejumlah kota besar seperti New York, Berlin, Moskow, Bangkok, dan Sao Paulo. Khusus di Moskow, Rusia di sana tren selfie dibanjiri oleh kalangan anak muda perempuan.


Tercatat sekitar 80 persen selfie adalah foto perempuan di Moskow, angka yang besar dibanding Bangkok yang hanya 55 persen.

Reuters/Carl Recine

Hal menarik justru menunjukan bahwa mempublikasikan foto selfie di atas usia 40 tahun dianggap sebagai hal tabu secara global. Nah, nyatanya kaum lelaki usia di atas 30 tahun lah yang mendominasi foto selfie dibanding perempuan.

Mengutip situs The Next Web, tim analis kemudian membandingkan hasil riset tersebut dengan Orbeus ReKognition API agar bisa mendeteksi gaya dan pengambilan angle foto.

Kebanyakan di antaranya berpose dengan mulut tertutup — tanpa senyum memamerkan gigi, namun tidak menutup kedua mata — dan menunjukan suasana bahagia.


Beberapa waktu lalu Senior Director perusahaan riset TNS Indonesia, Hansal Savla sempat memaparkan secara singkat mengenai pengguna Instagram di Indonesia.

Ditemui awak media di kawasan Thamrin, Jakarta Pusat pada Kamis (14/1) Savla menunjukan bahwa mayoritas pengguna Instagram adalah 63 persen kaum wanita. Sedangkan sisanya 37 persen adalah para lelaki.

Soal usia, tercatat 18 sampai 24 tahun menghasilkan persentase sebanyak 59 persen. Disusul oleh kelompok 25-34 tahun sebanyak 30 persen dan 11 persen untuk usia 34-44 tahun.

Meski begitu, lebih dari 50 persen konten yang dipublikasikan oleh pengguna Indonesia memang berkonsep selfie. 

(eno/eno)