Grup Telkom Blokir Netflix untuk Sementara

Aditya Panji, CNN Indonesia | Rabu, 27/01/2016 15:20 WIB
Grup Telkom memblokir layanan streaming film Netflix untuk sementara karena dinilai belum memenuhi regulasi, sementara operator lain belum melakukan itu. (Ken Ishii/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- BUMN telekomunikasi Grup Telkom melakukan pemblokiran “sementara” terhadap situs web streaming video Netflix pada Rabu (27/1) karena dinilai belum memenuhi regulasi yang berlaku di Indonesia.

Langkah ini, menurut Telkom, merupakan dukungan terhadap pemerintah selaku regulator agar Netfilx segera melakukan pembicaraan untuk memberi kepastian layanan.

Menurut Vice President Corporate Communication Telkom Arif Prabowo, langkah ini didasarkan atas UU Nomor 33 Tahun 2009 tentang Perfilman, khususnya pasal 57.


"Konten Netflix harus disesuaikan dengan aturan yang berlaku di Indonesia. Langkah yang kami ambil dilatarbelakangi untuk melakukan perlindungan dan kepastian layanan kepada masyrakat Indonesia,” kata Arif dalam keterangan resmi.

Ia mengatakan bahwa pemerintah meminta Netflix untuk memiliki izin usaha serta memiliki kontak untuk memudahkan konsumen di Indonesia.

Sejauh ini, operator seluler Telkomsel belum memblokir Netflix seperti yang dilakukan induk usahanya, Telkom. CNNIndonesia.com masih bisa melakukan streaming film lewat jaringan Telkomsel.

Sementara itu, perusahaan telekomunikasi XL Axiata belum mengambil langkah pemblokiran lantaran belum ada arahan.

“Sampai saat ini kita tidak blokir karena belum ada arahan untuk pemblokiran,” kata Tri Wahyuningsih, General Manager Corporate Communications XL Axiata.

Netflix menyediakan layanan di Indonesia pada awal 2016 setelah perusahaan membuka serentak layanan mereka ke berbagai negara.


(adt/eno)