Waspada Banjir Jakarta via Situs Posko Banjir

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Jumat, 12/02/2016 10:56 WIB
Waspada Banjir Jakarta via Situs Posko Banjir Tampilan situs poskobajirjkt.net
Jakarta, CNN Indonesia -- Musim hujan masih terus berlangsung di sejumlah daerah di Indonesia, termasuk Jakarta. Curah hujan yang masih datang dengan intensitas tinggi, membuat warga ibukota harus bersiap dengan banjir yang sewaktu-waktu menghadang.

Di era penetrasi internet yang termasuk cepat di Jakarta, apapun bisa terhubung dengan online, tak kecuali memantau kondisi terkini dari tiap-tiap pintu air yang tersebar di Jakarta dan sekitarnya.

Salah satu situs yang termasuk lengkap menyajikan data dan informasi terkini adalah laman dikelola Dinas Tata Air Provinsi DKI Jakarta yang beralamat di poskobanjirjkt.net


Melalui situs ini warga Jakarta dan sekitarnya bisa memantau ketinggian air di tiap pintu air, kondisi cuaca dan lain sebagainya khususnya yang dekat dengan sungai atau kali.

Situs ini hadir cukup ringkas dan tak terlalu memusingkan saat melakukan navigasi.  Setidaknya ada enam kanal yang terdiri dari 'Tinggi Air', 'Curah Hujan', 'Grafik Tinggi Air', 'Grafik Curah Hujan', 'Nomor Penting' dan 'Edukasi'.

Di 'Tinggi Air' misalnya, pengunjung bisa melihat ketinggian air, status siaga dan lain sebagainya di 19 lokasi pengamatan Pintu Air yang diperbarui setidaknya selama beberapa menit.

Ikon indikasinya pun cukup memanjakan mata dan langsung terarah. Misalnya, untuk status normal diberi tanda centang hijau, status siaga 3 tanda seru dengan warna ungu, status siaga 2 tanda seru warna kuning, dan status siaga 1 tanda seru warna merah.

Memantau curah hujan pun bisa dilakukan di beberapa titik lokasi yang telah ditentukan. Intinya informasi yang didapatkan beragam, lumayan cepat dan tepat sasaran. Sehingga warga Jakarta pun bisa segera mengantisipasinya. (eno)