5 Aplikasi Kencan untuk Rayakan Valentine

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Jumat, 12/02/2016 16:36 WIB
5 Aplikasi Kencan untuk Rayakan Valentine Ilustrasi (Thinkstock/cyano66)
Jakarta, CNN Indonesia -- Banyak aplikasi gratis yang bertebaran di berbagai toko aplikasi. Nah, dari puluhan aplikasi yang ada, CNN Indonesia memilih lima aplikasi yang paling populer dan banyak dipakai di Indonesia.

Aplikasi yang diulas tak melulu untuk mereka yang belum memiliki pasangan, tapi juga ada yang bisa dipakai untuk mengingatkan hari-hari penting Anda dengan si dia. Apa saja aplikasi tersebut?


Lovedays


Tak sedikit orang yang sering lupa dengan tanggal penting seperti tanggal ‘jadian’ atau tanggal pernikahan. Mungkin Anda juga sudah lupa berapa lama menjalin hubungan dengan si dia.

Sesuai dengan namanya, aplikasi Lovedays dapat membantu untuk mengingatkan kembali tanggal-tanggal penting yang sudah dilewati dengan pasangan. Pengguna juga dapat memanfaatkan fitur D-Day Calculator untuk menghitung hari. Aplikasi ini juga dapat diakses melalui widget dan notification bar sehingga pengguna tidak akan lupa menjelang hari yang dianggap penting itu.

Aplikasi yang dibuat oleh Wonderrabbit Inc, ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS dengan ukuran sekitar 16-17 MB. Sudah ada lebih dari 100 ribu orang yang menginstall aplikasi ini melalui Google Play Store.


Tinder

Untuk Anda yang tidak punya pasangan menjelang hari valentine, tidak ada salahnya untuk mencoba aplikasi ini. Dengan bantuan GPS, Tinder mampu mendeteksi pria atau wanita yang terdekat dari posisi Anda saat ini.

Hal yang perlu Anda lakukan adalah menggeser jemari dari kiri ke kanan untuk menyatakan bahwa Anda menyukai dia, atau dari kanan ke kiri untuk mengabaikannya. Jika terjadi kecocokan, pengguna dapat berkomunikasi dengan orang yang disukai dengan fitur percakapan.

Tinder sudah diunduh oleh lebih dari 50 juta orang melalui Google Play Store. Aplikasi yang berukuran sekitar 14 MB ini tersedia untuk sistem operasi Android dan iOS


Love Collage

Berfoto selfie dengan pasangan di hari valentine rasanya kurang lengkap jika tidak disertai efek visual yang manis. Love Collage memiliki kumpulan efek visual yang siap digunakan untuk memperindah foto Anda dan pasangan.

Pengguna dapat menambahkan frame, sticker, atau menyusun beberapa foto dalam bentuk yang unik. Jika hasil jepretan dari kamera ponsel kurang memuaskan, Love Collage bisa memolesnya dengan mengatur tingkat kecerahan, ketajaman, dan saturasi warna.

Aplikasi yang dikembangkan oleh eToolkit Inc ini sudah diunduh lebih dari 10 juta orang melalui Google Play Store. Selain tersedia untuk platform Android, Love Collage juga hadir untuk iOS pada Apple App Store.


Love Test Calculator

Meski tidak ada yang dapat menjamin kebenarannya, tak ada salahnya untuk mencoba mengukur kecocokan hubungan dengan pasangan melalui aplikasi yang satu ini.

Cukup mengisi nama depan, nama belakang, dan tanggal lahir Anda dan pasangan, Love Test Calculator akan mengkalkulasikan berapa persen kecocokan dengan pasangan.

Tapi perlu dicatat, aplikasi ini hanya untuk sekadar bersenang-senang saja. Apa pun hasilnya tak bisa menjadi tolak ukur untuk menentukan kecocokan pasangan.

Pengujian tingkat kecocokan dengan pasangan juga dapat dilakukan dengan menjawab sejumlah pertanyaan melalui menu test dan challenge. Tak hanya itu, kata-kata mutiara yang berkaitan dengan hari valentine dan pasangan juga tersedia pada menu Tender Words.

Aplikasi yang tersedia untuk platfrom Android dan iOS ini dikembangkan oleh AMA LTD. Jumlah download Love Test Calculator pada Google Play Store sendiri sudah mencapai lebih dari 1 juta.


Couplete

Apa pun yang ingin Anda lakukan dengan pasangan dapat diabadikan dengan aplikasi yang satu ini. Mulai dari membuat to-do list, menandai kalender dengan kegiatan pada tanggal tertentu, menyimpan foto pada timeline album, bahkan mengirim surat cinta.

Agar dapat berkomunikasi dengan pasangan, Couplete memiliki fitur percakapan yang dilengkapi dengan sticker lucu layaknya aplikasi Line. Untuk mengingatkan Anda terhadap tanggal-tanggal penting, aplikasi ini juga memiliki fitur D-Days.

Couplete tersedia untuk Android dan iOS dengan ukuran sekitar 13 MB. Aplikasi yang dibuat oleh WONDERABBIT, INC. sudah didownload oleh lebih dari 500 ribu orang pada Google Play Store.


(eno)