Google Segera Pensiunkan Picasa

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Senin, 15/02/2016 11:00 WIB
Google Segera Pensiunkan Picasa Tampilan Google Picasa (CNNIndonesia/ Susetyo Dwi Prihadi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengumumkan bahwa mereka akan menghentikan layanan edit foto online Picasa dalam waktu dekat. Hal ini mereka lakukan untuk bisa fokus ke produk sejenis yang mereka kembangkan, yakni Google Photos.

"Setelah banyak berpikir dan menimbang, kami memutuskan untuk mempensiunkan Picasa dalam waktu beberapa bulan ke mendatang untuk fokus sepenuhnya  ke layanan Google Photo," ujar Anil Sabharwal, Kepala Tim Google Photos, melalui postingan di blog miliknya tersebut.

"Kami percaya, kami bisa menciptakan lebih banyak pengalaman dengan berfokus pada satu layanan yang menyediakan fungsonalitas lebih dan bekerja di perangkat mobile serta desktop, ketimbang membagi upaya di dua produk yang berbeda," tambahnya.


Picasa sendiri sudah sangat lama menemani pengguna Google. Perangkat lunak ini digunakan untuk meninjau, mengelola dan mengedit gambar digital, termasuk di dalamnya terintegrasi ke media sosial. Aplikasi ini dibuat oleh LifeScape pada tahun 2002, dan diakuisisi oleh Google pada tahun 2004.

Aplikasi ini digunakan untuk mengambil foto yang tersimpan pada kamera atau perangkat lainnya yang kemudian disortir dalam sebuah album visual yang diatur berdasarkan tanggal dan nama.

Selain untuk mengorganisir foto, Picasa juga menyediakan beberapa tools sederhana untuk memanipulasi foto seperti untuk memotong, menggandakan gambar, pemberian efek, dan membuat kolase.

Pengguna Picasa tak perlu khawatir fotonya akan hilang, sebab Google akan memudahkan untuk mengintegrasikan karya mereka melalui Google Photo. (tyo)