Google Menjembatani Aplikasi Android ke iOS

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Jumat, 19/02/2016 16:14 WIB
Google Menjembatani Aplikasi Android ke iOS Logo Android (Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google mengumumkan kehadiran EarlGrey, sebuah framework untuk menguji aplikasi iOS. Dengan lisensi open source, siapa pun dapat menggunakan dan mengembangkannya dengan bebas.

Framework yang sudah tersedia di website GitHub ini bisa memudahkan pengembang untuk melakukan porting aplikasi dari platform Android ke iOS.

Porting merupakan proses mengadaptasikan software dari platform awal ke platform yang berbeda. Hal ini dilakukan agar aplikasi yang dibuat juga bisa dijalankan pada platform lain.


Untuk memudahkan para pengembang aplikasi saat mengetes kode yang ditulis, EarlGrey dilengkapi dengan fitur built-in synchronization. Tak hanya itu, pembuat aplikasi juga dapat menambahkan komponen yang dibutuhkan.

Google sendiri sempat menggunakan framework tersebut guna mengembangkan aplikasi buatannya untuk platform iOS seperti YouTube, Google Calendar dan Google Photos.

Sebelumnya, Google juga sempat membuat modul J2ObjC menjadi open source untuk memudahkan pengembang aplikasi saat menerjemahkan kode dari bahasa Java ke Objective-C.

Java merupakan bahasa pemrograman yang digunakan untuk membuat aplikasi berbasis Android. Sedangkan Objective-C untuk mengembangkan aplikasi iOS.

Dengan kehadiran framework EarlGrey dan modul J2ObjC, bisa jadi akan semakin banyak aplikasi berbasis Android yang juga hadir di iOS. (tyo)


BACA JUGA