Bocoran Android N: Ada Fitur Multi-Windows

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 10/03/2016 11:36 WIB
Google sengaja membocorkan versi terbaru Android ini agar bisa mendapatkan umpan balik yang cepat. Android mempersiapkan Android N (Justin Sullivan/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google sengaja membocorkan sistem operasi teranyaranya, Android N, lebih cepat dari perkiraan.

Informasi mengenai OS Android N diprediksi bakal diumumkan pada acara konferensi developer pada Mei mendatang. Nyatanya Hiroshi Lockheimer sebagai SVP Google untuk divisi Android, Chrome OS dan Chromecast menulis sedikit bocoran di situs Medium.

"Seperti yang kita lihat pada perilisan Android N, Anda akan menyadari sejumlah perubahan besar yang ditargetkan untuk para pengembang. Kami harap perubahan ini bisa menjadi wadah ide Anda semua, demi membuat Android lebih kuat dari sebelumnya," tulis Lockheimer.


Tim Lockheimer memutuskan untuk membocorkan preview Android N lebih cepat demi memperoleh umpan balik lebih banyak dari para pengembang. Tim Google masih dalam proses memantapkan Android N agar bisa disematkan oleh pemanufaktur perangkat mobile pada musim panas mendatang.

Google kemungkinan akan menambahkan beberapa fitur. Seperti yang diwartakan TechCrunch, Android N telah meningkatkan fungsi notifikasi.

Lalu untuk pertama kalinya, Android akan memberi tampilan jendela secara terpisah alias multi-windows. Aplikasi yang mendukung fitur ini bisa dijalankan berdampingan dengan aplikasi lain.

Diketahui fitur multi-windows telah dinanti oleh banyak pengguna, khususnya pada perangkat tablet.

Android N juga disebut-sebut akan menawarkan moda tampilan aplikasi video yang bisa ditampilkan di bagian ujung layar pada perangkat Android TV.

Pada OS Android Marshmallow, Google menyematkan fitur Doze, yaitu pengaturan baterai yang bisa lebih hemat selama penggunaan.

Nah, di Android N, fitur Doze akan ditingkatkan lagi agar bisa mengehemat daya baterai saat layar perangkat mobile Anda sedang mati.

Google pun mengatakan, perusahaan akan meningkatkan kinerja aplikasi agar lebih efisien tanpa menguras daya baterai secara boros.

Kehadiran Android N dianggap agaknya terburu-buru, sebab Android Marshmallow yang diluncurkan tahun lalu belum banyak disematkan di perangkat mobile. Tercatat masih kurang dari 3 persen perangkat yang sudah menggunakan Marshmallow.

Android N yang kemudian diduga akan bernama selai cokelat Nutella ini akan tersedia untuk perangkat Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P. Nexus Player, Nexus 9, dan perangkat Pixel C.

(tyo)


BACA JUGA