Pengunjung Zodiak Capricorn Paling Sering Belanja di Lazada

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Selasa, 15/03/2016 10:38 WIB
Pengunjung Zodiak Capricorn Paling Sering Belanja di Lazada Bos Lazada Indonesia sedang berpose di dalam gudang (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Lazada menjadi salah satu situs e-commerce yang terbesar di Indonesia. Tentu saja ada banyak pengguna yang mengunjungi situs ini. Seperti apa karakteristiknya?

Berdasarkan data yang berhasil diolah, ada lima kategori favorit yang diminati oleh pembeli saat mengunjungi Lazada, yakni fesyen, perangkat mobile, perhiasan, peralatan rumah tangga, dan produk kesehatan serta kecantikan.

Lebih detailnya, Lazada mencatat bahwa jam tangan merupakan produk favorit di wilayah Medan. Sementara peralatan rumah tangga menjadi favorit di Bandung. Untuk wilayah Yogyakarta, barang favorit nya adalah action cam. Terakhir, smartphone adalah barang favorit di Surabaya.


Jika dibandingkan dengan Pria, menurut data dari Lazada, Wanita jauh lebih cermat saat berbelanja. Kaum hawa berhasil mengirit pengeluaran hingga 35 persen dengan jumlah barang belanjaan 23 persen lebih banyak dari pria.

Untuk wilayah Jakarta, Lazada mendeteksi bahwa kebanyakan pembeli datang dari wilayah Setiabudi, Grogol, dan Keramat Jati.

"Karakter pembeli di area Jakarta berbeda-beda. Contohnya, di wilayah Jakarta Selatan didominasi oleh orang perkantoran," kata John Berns, SVP and Head of Data Science Lazada Group.

Menariknya, Lazada juga berhasil mendapatkan profil pembeli berdasarkan rasi bintang dari hasil pengolahan big data.

"Capricon adalah zodiak yang paling sering belanja. Leo tidak begitu sering melakukan belanja online. Sedangkan Sagitarius bisa membeli banyak produk namun dengan harga yang lebih murah," lanjut John.

Big Data sendiri dimanfaatkan untuk memetakan profil pembeli dan menampilkan rekomendasi produk yang menarik secara otomatis dengan cara mendeteksi website apa saja yang sering dikunjungi dan barang apa saja yang sering dibeli melalui Lazada.

Hingga saat ini, sudah ada lebih dari 3 juta produk yang dijual di Lazada dengan 15 kategori produk. Pada tahun 2016 ini, Lazada juga mencatat ada 11 ribu penjual yang menjajakan barangnya di Lazada. (tyo)