Aplikasi Kurio Disuntik Rp65 Miliar

Trisno Heriyanto, CNN Indonesia | Kamis, 17/03/2016 16:07 WIB
Aplikasi Kurio Disuntik Rp65 Miliar Foto: LDProd/Thinkstock
Jakarta, CNN Indonesia -- Aplikasi pembaca berita Kurio baru saja mendapat kucuran dana Rp65 miliar dari aplikasi sejenis di Jepang, Gunosy.

Gunosy mengklaim sebagai aplikasi pembaca berita paling populer di Jepang dengan total unduhan mencapai 13 juta, dan rencananya mereka akan memperluas bisnisnya ke Asia Tenggara, termasuk Indonesia.

Langkah awal ekspansi tersebut ditandai dengan investasi sebesar US$ 5 juta, atau setara Rp65 miliar di Kurio.


“Latar belakang Gunosy di big data, teknologi machine learning dan metrik data driven nya dapat menjadi sebuah pelajaran penting bagi tim engineering dan tim growth kami.” Ujar David Wayne Ika, Founder & CEO Kurio dalam siaran pers yang diterima CNN Indonesia.

Investasi seri B itu rencananya akan dipakai Kurio untuk mengembangkan teknologi produk mereka, meningkatkan jumlah pengguna dan memperbesar tim pengelola aplikasi tersebut.

Saat ini Kurio mengklaim sudah diunduh lebih dari 500 ribu kali yang 90 persen di antaranya adalah pengguna Android. Mereka juga mengaku sudah bekerjasama dengan 200 media di Indonesia.

“Kami percaya dengan dukungan, keahlian dan pengalaman Gunosy, Kurio mampu mencapai visinya untuk menjadi aplikasi berita nomor satu di Indonesia,” Ucap Antonny Liem, CEO of Merah Cipta Media yang membawahi Kurio.

(eno)