Gerhana Bulan Penumbra Jelas Di Sumatera, Jakarta?

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Rabu, 23/03/2016 14:28 WIB
Gerhana Bulan Penumbra Jelas Di Sumatera, Jakarta? Malam ini, 23 Maret 2016, sejumlah lokasi di Indonesia akan bisa melihat fenomena Gerhana Bulan Penumbra. (Antara/Sigid Kurniawan)
Jakarta, CNN Indonesia -- Gerhana bulan penumbra akan berlangsung malam ini, 23 Maret yang dimulai menjelang senja, sekitar pukul 16.36 WIB. Dapat dilihat di sejumlah lokasi di Indonesia.

Peneliti antariksa dari Lembaga Antariksa dan Penerbangan Nasional (Lapan) Rhorom Priyatikanto mengatakan, gerhana bulan penumbra akan sulit diamati di seluruh lokasi di jagat Nusantara.

"Daerah yang bisa lihat gerhana ini dengan baik kemungkinan Sumatera dan Sulawesi, karena lebih cerah dibandingkan daerah lain di Indonesia," kata Rhorom saat dihubungi CNN Indonesia, Rabu (23/3).


Ia melanjutkan, "kemungkinan besar gerhana bulan penumbra ini sulit dilihat dari Jakarta, atau pulau Jawa seluruhnya."

Menurut penuturan Rhorom, puncak gerhana bulan penumbra ini akan berada terlihat pada pukul 18.48 WIB dan berakhir pada sekitar pukul 20.57 WIB.

Untuk daerah Jakarta, puncak gerhana kira-kira berlangsung setelah Matahari tenggelam, beberapa derajat di atas ufuk Timur.

Diketahui gerhana bulan penumbra memiliki arti bahwa pada saat gerhana, seluruh bagian Bulan berada di bagian penumbra karena terhalang cahaya Matahari oleh Bumi. Artinya, Bulan masih dapat terlihat dengan warna suram atau gelap.

Menurut Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), fenomena serupa akan kembali terjadi dalam waktu dekat, yakni pada 18 Agustus dan 17 September 2016.

(eno)