WhatsApp Bisa Kirim Teks Tebal dan Miring, Caranya?

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Jumat, 01/04/2016 14:25 WIB
WhatsApp Bisa Kirim Teks Tebal dan Miring, Caranya? Logo aplikasi WhatsApp di perangkat iPhone. (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan pesan instan WhatsApp menambah fitur yang memungkinkan pengguna menulis teks dengan format tebal (bold), miring (italic) dan coret tengah (strikethrough).

Fitur baru ini sudah diuji coba secara beta dan belakangan sudah bisa diaplikasikan oleh para pengguna perangkat iOS dan Android.

Uniknya, fitur ini bisa langsung diterapkan menggunakan 'rumus' sederhana.


Untuk menghasilkan tulisan tebal atau bold, pengguna tinggal menambahkan tanda bintang (*) di awal dan akhir kata. Sebagai contoh, jika mengetik *Indonesia* maka yang terkirim ke pengguna lain akan menampilkan tulisan Indonesia dengan format bold.

Kemudian untuk format miring atau italic, caranya menambahkan tanda underscore (_). Jika pengguna menulis _Indonesia_, maka kata Indonesia akan berformat miring.

Lalu untuk mencoret kata, pengguna tinggal tambahkan tanda (~). Contoh, jika mengetik ~Indonesia~, maka kata Indonesia akan berformat strikethrough alias dicoret.


CNNIndonesia.com mencoba fitur ini dan tidak hanya untuk per kata saja, tetapi juga bisa untuk kalimat.

Jika ingin menulis dengan format bold semua, maka pengguna harus menggunakan tanda bintang (*) di awal dan akhir kalimat.

Contoh, tulisan "Indonesia Tanah Airku" akan tebal semua jika pengguna mengetik *Indonesia Tanah Airku*. Jadi tidak perlu menyisipkan tanda (*) di tiap kata. Pun begitu dengan format italic dan strikethrough.

Fitur ini bisa dinikmati di WhatsApp versi 2.12.17 untuk iPhone dan versi 2.12.535 untuk perangkat Android. (adt)