Kantor Pos Australia Kirim Barang Pakai Drone

Aqmal Maulana | CNN Indonesia
Kamis, 21 Apr 2016 12:03 WIB
Semakin marak saja penggunaan Drone untuk mengantar barang. Salah satunya adalah kantor pos Australia. Ilustrasi (CNN Indonesia / Trisno Heriyanto)
Jakarta, CNN Indonesia -- Setelah Amazon, Google dan sebuahah perusahaan ekspedisi asal Denmark, Maersk menguji coba drone untuk pengiriman barang, kini giliran Australia Post tak mau ketinggalan untuk melakukan hal yang sama.

Saat ini, layanan pos nasional milik pemerintah Australia tersebut sedang menjalani uji coba selama dua minggu. Sebelum melakukannya, mereka meminta izin terlebih dahulu kepada Otoritas Keselamatan Penerbangan Sipil setempat.

Ben Franzi, general manager e-commerce dan marketplace Australia Post mengatakan bahwa pada uji coba pertama ini, drone akan digunakan untuk mengirimkan barang sebanyak dua kali selama minggu ke 50 lokasi terluar dari kota metropolitan.

Meski baru sebatas uji coba, sejumlah pelanggan ritel besar Australia Post sudah tertarik untuk terlibat di dalamya.

Jika percobaan ini berhasil, akhir tahun 2016 ini akan ada beberapa pelanggan yang sudah bisa menerima paket dari drone sebagai bagian dari percobaan tahap kedua sebelum dikomersialkan.

Untuk bisa mengirimkan barang, drone buatan ARI Labs tersebut dilengkapi dengan sebuah parasut, lampu peringatan, serta kamera sehingga operator bisa melihat objek yang ada di depan drone.

Walaupun drone sudah dilengkapi dengan berbagai komponen untuk menunjang standar keamanan, Ahmed Farour, CEO Australia Post mengatakan bahwa sebaiknya pengiriman barang menggunakan drone hanya dilakukan setelah yakin 100 persen dengan keamanan dan keandalannya. (tyo/tyo)
TOPIK TERKAIT
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

TERPOPULER