YouTube Kini Lebih Memahami Kebiasaan Penggunanya

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Minggu, 01/05/2016 16:00 WIB
YouTube Kini Lebih Memahami Kebiasaan Penggunanya YouTube kini menampilkan video terkait yang lebih relevan dengan penggunanya, dilihat dari riwayat jenis video yang sudah ditonton (CNN Indonesia/Nico Wijaya
Jakarta, CNN Indonesia -- Google berhasil membuat YouTube lebih pintar mengenali penggunanya, kebiasaan para penonton dipelajari untuk menampilkan video yang sesuai.

Fungsi tersebut disajikan bersama pembaruan aplikasi YouTube untuk sistem operasi iOS dan Android. Pada versi terbaru ini, YouTube menampilkan sejumlah thumbnail rekomendasi video yang lebih besar pada menu utama.

Meski terkesan sederhana, YouTube mengklaim bahwa mereka kini bisa memberikan rekomendasi video yang lebih baik untuk penggunanya dengan mengadopsi teknologi deep neural network.


Teknologi tersebut memiliki algoritma yang memungkinkan engine YouTube untuk menganalisa data lebih dalam lagi tentang pola kebiasaan pengguna berdasarkan video apa yang sering dicari dan ditonton secara otomatis.

"Bukan hanya menampilkan desain yang lebih segar pada tampilan Home, rekomendasi video yang ditampilkan juga lebih relevan dan personal. Ini memudahkan Anda untuk menemukan video yang menarik untuk ditonton," sebuah pernyataan dalam blog resmi YouTube.

Pada blog resminya, YouTube juga mengumumkan bahwa setiap harinya, mereka memberikan ratusan hingga jutaan rekomendasi video pada menu Home dalam 76 bahasa.

Deep Neural Network sendiri merupakan sekumpulan bahasa pemrograman yang bisa mempelajari data secara otomatis yang terdiri dari beberapa layer dan kompleksitas strukturnya mirip dengan jaringan saraf manusia.

(eno)