Pesta 'Si Rubah' Bergemuruh di Dunia Maya

Susetyo, CNN Indonesia | Selasa, 03/05/2016 09:42 WIB
Pesta 'Si Rubah' Bergemuruh di Dunia Maya Pesta Fans Leicester City ( Reuters / Eddie Keogh)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hasil imbang yang didapatkan Tottenham Hostspurs saat melawat ke Chelsea, membuat Leicester City akhirnya menjadi juara Liga Inggris untuk pertama kalinya. Pesta fan 'si rubah' pun bergemuruh hingga ke jagat dunia maya.

Salah satu media sosial yang paling riuh mengabarkan pencapaian Leicester City ini adalah Twitter. Menurut data Twitter, sejak 3 jam yang lalu, tanda pagar (tagar) Leicester berhasil masuk ke daftar trending dunia. Sampai berita ini diturunkan, sudah ada 3 juta tweet yang menyebut klub ini.

Sementara itu, menurut analisis dari Keyhole, ketika akun resmi klub asuhan Claudio Ranieri ini mencuitkan berita soal keberhasilan juara tersebut, setidaknya ada 340 ribu yang me-retweet postingan tersebut. Dan kenaikan jumlah tweet terus menaik dengan 199 tweet per menitnya.


Lebih terperinci lagi,dari jutaan yang mencuitkan soal Leicester City tersebut, 44,3 persen diunggah melalui ponsel iPhone, sementara 32,3 persen dilakukan melalui Android. Twitter di desktop pun turut menyumbangkan 14,1 persen cuitan di media sosial.

Ditelisik dari data Buzzsumo, artikel yang dipublikasikan melalui situs resmi Leicester City sejauh ini ternyata sudah dibagikan hingga 30 ribu kali. Dengan rincian 2.400 kali di Facebook dan 28 ribuan di Twitter.
Pendukung Leicester di Thailand (REUTERS/Jorge Silva)

Leicester merupakan klub keenam berbeda yang sukses merebut gelar Liga Primer Inggris, setelah Manchester United, Manchester City, Chelsea, Arsenal, dan Blackburn Rovers. Prestasi terbaik The Foxes sebelumnya adalah menjadi runner-up Liga Inggris musim 1928/1929.

Bukan hanya berasal dari klub kecil di kota kecil, The Foxes meraih gelar juara hanya dengan anggaran minimal dibandingkan tim-tim besar lainnya.

Bahkan, total harga skuat The Foxes masih lebih murah dibandingkan satu pemain termahal di Liga Primer Inggris, Kevin De Bruyne, di Manchester City. (tyo)