Google Bikin Aplikasi Keyboard untuk iPhone

Aditya Panji, CNN Indonesia | Sabtu, 14/05/2016 06:03 WIB
Google membuat aplikasi papan ketik virtual (keyboard) untuk perangkat iOS yang secara langsung mengintegrasikan fungsi pencarian dari situs web. Ilustrasi. (REUTERS/Stephen Lam)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google membuat aplikasi papan ketik virtual (keyboard) untuk perangkat iOS yang secara langsung mengintegrasikan fungsi pencarian di sana.

Aplikasi ini disebut Gboard yang terdapat tombol logo G untuk memungkinkan pengguna mencari di situs web, mencari gambar atau GIF, bahkan mencari emoji. Semua itu bisa dilakukan tanpa pengguna harus meninggalkan keyboard.

Dengan metode seperti ini, Google berharap segala hasil pencarian dari situs web bisa langsung disisipkan ke dalam kotak teks.


Selain fungsi pencarian, Gboard juga menawarkan pelacakan kata yang pernah diketik oleh pengguna.

Dengan cara ini Google sepertinya hendak memadukan fungsi aplikasi keyboard ini dengan layanan asisten pribadi Google Now yang lebih baik di masa depan agar tak hanya ada di Android, tetapi juga di iPhone.

[Gambas:Youtube]

Google bukan satu-satunya perusahaan raksasa teknologi yang membuat aplikasi keyboard untuk iPhone. Sebelumnya Microsoft juga membuat aplikasi keyboard Word Flow untuk iPhone, dengan fitur andalan memungkinkan pengguna mengetik dengan mudah pakai satu tangan.

(adt)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK