Nokia Kembali ke Bisnis Ponsel dan Tablet

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 19/05/2016 07:24 WIB
Nokia Kembali ke Bisnis Ponsel dan Tablet Ilustrasi. (Patrik Stollarz/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Kelompok bisnis Nokia asal Finlandia akan segera melihat merek Nokia kembali di perangkat ponsel dan tablet secara global setelah mereka melisensikan hak merek dan kekayaan intelektual Nokia Technologies kepada HMD global, Rabu (18/5).

HMD global merupakan perusahaan yang berbasis di Finlandia, yang dipercaya untuk membuat ponsel dan tablet bermerek Nokia selama 10 tahun ke depan.

Dari kesepakatan ini, Nokia Technologies akan menerima pembayaran royalti dari HMD untuk penjualan produk bermerek Nokia berkat merek dan hak paten yang telah dilisensikan.


Perusahaan HMD akan dipimpin oleh Arto Nummela sebagai CEO. Ia adalah seorang veteran Nokia yang hengkang setelah Microsoft mengambil alih unit bisnis Nokia.

HMD nantinya juga akan berhubungan dengan FIH Mobile, sebuah perusahaan yang hari ini mengumumkan bahwa telah mengakuisisi aset bisnis ponsel fitur Microsoft, termasuk manufaktur, penjualan, dan distribusi.


Dalam siaran pers, Nokia mengatakan HMD dan FIH telah menandatangani perjanjian untuk membentuk suatu kerangka kerja sama dalam membangun bisnis global ponsel dan tablet merek Nokia.

Perjanjian ini membuat HMD memegang kendali penuh atas operasional, penjualan, pemasaran, dan distribusi ponsel dan tablet merek Nokia. Sementara FIH akan berkontribusi pada perangkat manufaktur, rantai pasokan, kemampuan teknis, dan mengembangkan teknologi mobile.

Nokia sendiri akan mendapatkan kursi dewan direksi di HMD.

Presiden Nokia Technologies Ramzi Haidamus mengatakan, hari ini bakal menandai bab baru bisnis merek Nokia yang ikonik di dunia. "Bekerja dengan HMD dan FIH akan membiarkan kita berpartisipasi dalam salah satu pasar elektronik konsumen terbesar di dunia sementara tetap setia dengan model bisnis lisensi kami," kata Ramzi. (adt)