Punya Virtualisasi Mobile, VMware Bidik Pasar Smartphone

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Jumat, 20/05/2016 14:06 WIB
Punya Virtualisasi Mobile, VMware Bidik Pasar Smartphone Adi Rusli, Senior Manager dan Country Manager VMware Indonesia. (CNN Indonesia/Aqmal Maulana)
Nusa Dua, CNN Indonesia -- Tingginya jumlah perangkat mobile di Indonesia membuat VMware kepincut untuk menawarkan jasa miliknya. Perusahaan yang bergerak di bidang virtualisasi dan infrastruktur cloud, memang mulai serius menggarap pasar virtualisasi pada smartphone.

"Saat ini ada sekitar 60 juta pengguna smartphone di Indonesia. Anggap saja 20 persennya adalah profesional yang bekerja di perusahaan. Kalau satu orang memiliki satu perangkat, berarti ada 12 juta perangkat yang potensial untuk dikelola," kata Adi Rusli, Senior Director and Country Manager VMware Indonesia saat acara Virtus Media Gathering, di Nusa Dua, Bali.

Adi juga menjelaskan bahwa sudah ada sejumlah perusahaan yang mulai mengadopsi solusi virtualisasi mobile dari VMware, seperti asuransi, perbankan, dan telekomunikasi.


"Adopsinya cukup banyak datang dari perusahaan yang memiliki tenaga penjual yang mobile. Itu biasanya datang perusahaan retail dan keuangan," lanjutnya.

Untuk bisa menyajikan virtualisasi di perangkat mobile, VMware sendiri sudah memiliki platform bernama Workspace One. Namun hingga saat ini, tingkat adopsinya masih kecil.

"Angka jutaan (perangkat mobile) saja belum sampai. Oleh karena itu, secara bisnis, masih sangat potensial," lanjutnya.

VMware Workspace One sendiri memungkinkan pengguna untuk bisa mengakses data dan informasi perusahaan melalui berbagai platform dengan interface yang sama. Tak hanya perangkat mobile, tetapi juga PC dan notebook.

Untuk menjaga privasi dan keamanan dari masing-masing pengguna, hak akses setiap user login pada VMware Workspace One bisa diatur sesuai kebutuhan. (tyo/tyo)


BACA JUGA