Apa Saja Fitur Baru di Android N?

Susetyo, CNN Indonesia | Jumat, 20/05/2016 15:54 WIB
Beberapa fitur Android N diperkenalkan dalam konferensi pengembang aplikasi Google I/O di Mountain View, Calfornia, Amerika Serikat. Android N. (Dok. developer.android.com)
Jakarta, CNN Indonesia -- Dalam ajang konferensi pengembang aplikasi Google I/O 2016 di Mountain View, California, perusahaan itu memperkenalkan beberapa fitur terbaru yang ada di Android N.

Memang sistem operasi ini telah diuji oleh para pengembang aplikasi sejak Maret 2016, namun di panggung yang berbeda Google memperkenalkan lebih jauh fitur unggulannya kepada sejumlah pengembang.

Seperti CNN Indonesia kutip dari berbagai sumber, berikut ini beberapa fitur anyar di Android N.


Multitasking

Beberapa mengatakan bahwa fitur multitasking di Android N yang dibawa Google tidak terlalu istimewa, sebab sudah ada sebelumnya sebagai fitur bawaan dari vendor ponsel.

Beberapa diantaranya misalnya pengguna bisa beralih ke aplikasi satu ke aplikasi lainnya hanya dengan mengetuk tombol home dua kali. Aplikasi yang sudah dibuka kemudian akan tampil secara berurutan.


Bila di versi Android sebelumnya pengguna harus menutup aplikasi satu-persatu, kini Google menghadirkan tombol 'close all'.

Selain itu juga ada fitur multi-screen, yang membuat pengguna Android N nantinya bisa membuka aplikasi tanpa harus menutup aplikasi lainnya. Misalnya, saat membuka YouTube, video akan tetap berjalan bila membuka aplikasi lainnya dengan tampilan dua layar.

Keyboard Themes

Bosan dengan tema warna atau latar dari keyboard? Jangan khawatir, karena Google memberikan pilihan bagi penggunanya untuk mengganti warna, tema, font bahkan bisa memasukan foto sebagai latar untuk keyboard.


Performa

Android N mengadopsi grafis API baru yang diberi nama Vulkan. Teknologi grafis ini biasa ditemui di PC gaming dan sangat membantu untuk mendorong performa visual yang lebih baik di ponsel atau tablet.

Sistem operasi ini juga dijanjikan oleh Google akan mengalami peningkatan dari sisi daya tahan baterai yang membuat hemat ponsel sekaligus 75 persen cepat.

(eno)
TOPIK TERKAIT
BACA JUGA
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK