Siri Selamatkan Nyawa Bayi di Australia

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 07/06/2016 12:20 WIB
Asisten digital Siri di iPhone seorang ibu asal Australia berhasil membantunya menghubungi ambulans dengan sigap, dan berhasil selamatkan bayinya. (Oli Scarff/Getty Images)
Jakarta, CNN Indonesia -- Layanan asisten digital dari Apple, Siri berperan penting dalam membantu seorang ibu yang panik saat anaknya tiba-tiba berhenti bernafas.

Stacey Gleeson, seorang ibu asal Australia mendapati bayinya yang masih berusia 1 tahun tiba-tiba berhenti bernafas dan mulai berubah kebiru-biruan.

Panik dan kebingungan, sang ibu langsung memanfaatkan fitur Siri di iPhone. Ia menjangkau Siri dengan menggunakan fitur "Hey Siri". Dengan fitur ini, Siri dapat dipanggil tanpa harus menyentuh tombol Home di iPhone terlebih dahulu.


Kepada Yahoo Australia Gleeson berkisah, ia sempat kesulitan mengenggam iPhone-nya karena terjatuh saat ia sedang panik mengecek kondisi anaknya. Saat ia sadar iPhone-nya terjatuh, ia sontak langsung 'memanggil' Siri agar segera menghubungi ambulans.

"Hey Siri, call the ambulance" begitu kira-kira ucapannya.

Siri pun menjalankan perintah tersebut dan ambulans datang tepat waktu untuk menolong anak Gleeson agar bisa segera diselamatkan. Kabar baiknya, balita itu berhasil pulih kembali.

Mengutip Mashable, setidaknya kisah Gleeson bisa menjadi pengingat bagi para pengguna ponsel pintar agar sekiranya mengaktifkan fungsi "Hey Siri" di perangkat iOS serta "OK, Google" di perangkat Android.

Dua fitur tersebut memungkinkan pengguna langsung mengaktifkan asisten digital Siri dan Google Now dan bisa sangat berguna di keadaan genting atau darurat seperti yang dialami Gleeson.

Untuk mengaktifkan fungsi suara "Hey Siri", pengguna tinggal memilih Settings>General>Siri>Allow "Hey Siri". Namun, fitur ini dapat digunakan apabila iDevice terpasang dalam kondisi terhubung dengan kabel charger.

Tidak diketahui apakah saat melakukan pemanggilan Siri dengan fitur ini, iPhone milik Gleeson sedang terhubung dengan charger atau tidak.

Diketahui pada awal April lalu, Apple menambahkan beberapa bahasa baru di Siri pada pembaruan iOS versi 9.3.

Meskipun bukan Bahasa Indonesia, namun, kemiripan dengan Bahasa Malay setidaknya cukup membuat pengguna bisa mengajak Siri seolah-olah sedang berbicara dengan bahasa lokal.

untuk bisa mengajak ngobrol Siri dalam Bahasa Melayu, tinggal memilih Settings>General>Siri>Language>Malay. (tyo)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK