Ambisi Besar Huawei Kalahkan Apple dan Samsung

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Senin, 13/06/2016 08:45 WIB
Ambisi Besar Huawei Kalahkan Apple dan Samsung Huawei berambisi kalahkan Apple dan Samsung (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Huawei berkeinginan untuk menggeser pangsa pasar ponsel Apple dan Samsung yang saat ini masih menempati posisi teratas secara global.

Hal tersebut disampaikan oleh Business Development Director Huawei, Richard Yu pada konferensi Converge 2016 yang diadakan beberapa waktu lalu.

Ia sesumbar bahwa Huawei akan menjadi produsen ponsel terbesar di dunia pada tahun 2021.


Untuk mewujudkan ambisinya, Yu pun menargetkan angka pangsa pasar ponsel Huawei sebesar 25 persen secara global pada lima tahun mendatang.

Di saat yang sama, ia juga membeberkan bahwa ke depannya Huawei akan terus memperkuat pasar dengan lini ponsel kelas atas.

Keinginan Huawei untuk menjadi produsen ponsel terbesar nampaknya tidak berlebihan. Pasalnya, sebuah lembaga riset pasar, IDC memperkirakan bahwa saat ini pangsa pasar ponsel Huawei sudah mencapai posisi ketiga (8,3 persen) secara global berdasarkan jumlah unit yang dikapalkan.

Di sisi lain, Samsung dan Apple sekarang masih berada di atas Huawei dengan pangsa pasar masing-masing 23 persen dan 15 persen.

Sejak awal tahun 2016, pengapalan ponsel Huawei pun diperkirakan meningkat hingga 59 persen.

Pada periode yang sama, pengapalan ponsel Apple justru menurun hingga 14 persen. Sedangkan Samsung mengalami stagnan.

Berdasarkan sebuah laporan, tahun 2015 sendiri Huawei sudah menginvetasikan dana sekitar US$9,2 miliar (atau sekitar Rp122,79 triliun) untuk divisi riset dan pengembangan. Angka ini melebihi Apple yang hanya mengeluarkan dana sekitar US$8,1 miliar (atau sekitar Rp108,1 triliun) (tyo)