Kisaran Harga dan Tanggal Rilis AMD 'Polaris' di Indonesia

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Selasa, 21/06/2016 14:18 WIB
Jajaran keluarga kartu grafis AMD Radeon seri RX 400 atau yang lebih dikenal dengan nama Polaris segera dirilis secara global, termasuk di Indonesia. Armawati Cen, Marketing Manager AMD Indonesia. (CNN Indonesia/Aqmal Maulana
Jakarta, CNN Indonesia -- Jajaran anggota keluarga kartu grafis AMD Radeon seri RX 400 atau yang lebih dikenal dengan nama Polaris segera dirilis secara global dalam waktu dekat ini, termasuk Indonesia.

Diketahui, sudah ada tiga tipe yang rencananya akan diluncurkan secara bersamaan pada 29 Juni 2016, yakni Radeon RX 460, RX 470, dan RX 480.

Armawati Cen, Marketing Manager AMD Indonesia memastikan bahwa ketiga kartu grafis AMD Radeon seri RX 400 tersebut juga akan tersedia di tanah air.



"Tunggu saja pertengahan tahun ini. Radeon RX 480 pastinya. Sisanya (RX 460 dan RX 470) menyusul. Tapi harusnya datangnya berbarengan," kata Armawati usai acara peluncuran laptop Acer Aspire E5-553G, Senin (20/06).

Sayangnya ia masih belum bisa memastikan berapa harga jual dari ketiga kartu grafis tersebut ketika nantinya dijual di Indonesia.

"RX 480 di global dijual US$199 atau setara Rp 2.6 juta. Sampai sini (Indonesia) kemungkinan harganya Rp3-4 juta. Tapi kita belum bisa pastikan berapa harganya di Indonesia karena belum dapat update dari distributor," lanjut wanita yang akrab di sapa Ling Ling.


Di antara dua kartu grafis Radeon seri RX 400 lainnya, spesifikasi RX 480 sendiri masih lebih tinggi. Ini artinya, bisa diperkirakan bahwa harga RX 470 dan RX 460 akan di bawah US$199.

Tak hanya berencana memboyong lini kartu grafis Polaris untuk komputer desktop dengan interface PCI Express 16x, AMD juga akan menghadirkan sejumlah laptop yang ditenagai Polaris versi mobile.

"Untuk Polaris mobile, sudah ada diskusi. HP global sudah konfirmasi dan sudah punya demo unit yang menggunakan Polaris mobile. Belum tahu apakah laptop HP juga yang bakal menggunakan Polaris pertama di indonesia," lanjutnya.

Dengan hadirnya berbagai anggota keluarga dari Radeon RX seri 400, AMD berharap bisa menaikkan pangsa pasar kartu grafis di Indonesia.

"Sudah banyak anggota dari berbagai forum yang membandingkan Polaris dengan kubu sebelah. Saya cukup senang karena sejauh ini intensinya sangat positif," tutupnya.

(tyo)