Microsoft: Chrome, Browser Paling Boros Baterai

Aqmal Maulana, CNN Indonesia | Rabu, 22/06/2016 07:09 WIB
Bila baterai di laptop dengan Windows 10 terasa cepat habis, bisa jadi salah satu penyebabnya pengguna menjalankan Chrome. Itulah hasil riset Microsoft. Aplikasi Google Chrome (dok.Google)
Jakarta, CNN Indonesia -- Browser milik Google, Chrome diyakini oleh Microsoft termasuk aplikasi yang menguras baterai paling banyak pada laptop. Kesimpulan ini diambil setelah perusahaan itu melakukan pengujian di empat laptop Surface Book dengan Windows 10.

Masing-masing dari empat perangkat tersebut dipasang empat browser yang berbeda, yakni Mozilla Firefox, Microsoft Edge, Google Chrome, dan Opera. Guna mengukur konsumsi dayanya, Microsoft menerapkan dua skenario pengujian.

Pertama, browser diuji untuk membuka berbagai situs populer, layaknya digunakan dalam keseharian. Sementara skenario kedua, seluruh browser dicoba untuk streaming video beresolusi HD.


Pada pengujian pertama, terlihat bahwa konsumsi daya Chrome, Opera dan Firefox lebih boros ketimbang Edge saat membuka situs, scrolling halaman situs, menonton video dan membuka tab baru.

Sementara saat pengujian kedua, terlihat bahwa Microsoft Edge berhasil unggul dari tiga browser lainnya karena laptop bisa bertahan hingga 7 jam 22 menit 7 detik. Disusul oleh Opera dan Mozilla Firefox dengan waktu masing-masing 6 jam 18 menit 33 detik dan 5 jam 9 menit 30 detik. Sementara posisi terakhir, ditempati oleh Google Chrome dengan waktu 4 jam 19 menit 50 detik.

Selain dari pengujian tersebut, di saat yang sama, Microsoft juga memaparkan data telemetri dari jutaan komputer yang menggunakan Windows 10. Dari situ, mereka ingin menunjukkan Microsoft Edge (465,25 mW) dan Firefox (493,5 mW) jauh lebih irit daya ketimbang Chrome (719,72 mW).

Dari hasil pengujian ini, terlihat bahwa Microsoft ingin mencoba membuat para pengguna Chrome untuk beralih ke Microsoft Edge.

Agar bisa menarik hati pengguna browser lainnya, browser pengganti Internet Explorer tersebut nampaknya masih harus menambahkan sejumlah fitur lainnya selain irit konsumsi daya. Pasalnya, hingga saat ini, Microsoft Edge masih belum mempunyai fitur extension yang bisa menambahkan berbagai fungsi browser.

Microsoft baru akan menghadirkan fitur tersebut bersamaan dengan anniversary update untuk Windows 10 yang akan dirilis beberapa bulan mendatang.

(tyo)


BACA JUGA