Aston Martin dan Red Bull Klaim Punya Mobil Tercepat di Bumi

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Minggu, 31/07/2016 12:58 WIB
Aston Martin dan Red Bull Klaim Punya Mobil Tercepat di Bumi Aston Martin AM-RB 001. (Courtesy Aston Martin)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bosan dengan Bugatti? Atau glamornya pilihan Ferrari dan Lamborgini di garasi Anda?

Aston Martin baru saja mengungkap mobil apa yang seharusnya ada di dalam garasi Anda, AM-RB 001, sebuah jalur yang fokus pada mobil hyper hasil kolaborasi dengan F1 Team Red Bull.

Mungkin bukan nama yang mudah dan gampang diingat, tapi ini adalah mobil yang memberikan garansi kekuatan yang ekstrim dan performa radikal yang rencananya hadir di 2018 dan jika beruntung mobil ini ada di garasi Anda jika sudah terdaftar dalam list nama-nama calon pemilik AM-RB 001.



Dipastikan harga mobil ini akan dirilis dengan harga yang radikal, namun Aston Martin tidak mau mengungkapkannya. "Jika Anda menanyakan berapa harga untuk mainan ini? Mungkin Anda tidak akan sanggup bahkan untuk mendengarnya," kata bos Aston Martin, Andy Palmer dikutip CNN belum lama ini.

Turbocharged 900bhp

Aston Martin AM-RB 001. (Courtesy Aston Martin)

Jantung dapur pacu AM-RB 001 akan dibenamkan mesin raksasa V12 yang akan menghadirkan tenaga 900bhp (brake horse power)-- yang mana itu lebih besar dari sebuah mobil F1. Tak hanya itu teknologi hybrid dibenamkan dalam fitur Aston Martin yang membuatnya sempurna. "Mobil ini bukanlah model pengecualian, dan bukan ajang uji coba. Ini akan menjadi mobil paling mewah dengan kekuatan paling besar dan tercepat."

Aston Martin kemungkinan akan menyediakan dua versi yaitu versi hardcore yang diklaim mampu mengitari sirkuit setara kecepatan mobil F1 dan versi light yang bisa digunakan untuk jalan harian.

Penggemar mobil super atau tepatnya 'hyper' yang diperkenalkan Aston Martin ini harus menunggu cukup lama. Foto pertama yang beredar memberikan representasi yang bagus, namun tidak ada satupun foto interior kabin yang bocor ke publik.


"Ini akan jadi kejutan. Bagi AM-RB 001, ini adalah yang terbaik yang dihasilkan dari desainer Marek Reichman dan dominasi teknikal direktur F1 selama dekade kebelakang, Adrian Newey."

Keterkaitan antara juara F1 Red Bull dan produsen mobil mewah dari Inggris ini akan melakukan undian bagi para kolektor yang antusias untuk membeli AM-RB 001. Terakhir kalinya desainer papan atas terlibat dalam pembuatan mobil jalanan di 1990 adalah saat karyawan McLaren Gordon Murray keluar dengan supercar baru untuk F1.

Tebak Harga

Tidak lebih dari 99 mobil hyper diproduksi dan mungkin Anda harus mengeluarkan uang setidaknya US$2,6 juta atau sekitar tidak kurang dari Rp30 miliar untuk membawa pulang sekian banyak mobil mewah terbatas, tak terkecuali AM-RB 001 yang diperkiraan lebih dari harga pasaran termahal mobil hyper.

Aston Martin AM-RB 001. (Courtesy Aston Martin)

Terdengar tidak biasa, namun tidak terbantahkan lagi bawa tren kendaraan ultra-high-end mulai dikejar Aston Martin. Contohnya Buggati Chiron, suksesor Veyron dengan harga US$2,4 juta ini telah mencatat 180 pesanan.

Di luar AM-RB 001, Aston Martin ikut mengejar tren ini dengan mengeluarkan Vulcan, bermesin V12 edisi spesial seharga US$2,3 juta dan terjual hanya dalam waktu beberapa bulan.

Dengan semua kehebatannya, apa arti dari 001 jika Aston Martin tidak dapat ambil bagian dalam seri legendari agen Bond 007? (pit/pit)