Update Setahun Windows 10 Tanpa Perubahan Berarti

Rinaldy Sofwan Fakhrana, CNN Indonesia | Minggu, 31/07/2016 17:05 WIB
Update Setahun Windows 10 Tanpa Perubahan Berarti Windows 10 (Dok.Xiaomi)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pembaruan atau update pada sistem operasi Microsoft teranyar, Windows 10, akan diberikan pada 2 Agustus ini atau tepat setahun sejak diluncurkan. Versi baru peranti lunak tersebut menawarkan sejumlah peningkatan, namun tanpa perubahan drastis.

"Jika Anda mengharapkan perubahan besar pada pembaruan ini, anda akan kecewa. Namun, di satu sisi, sedikitnya perubahan yang ditawarkan menunjukkan bagaimana Microsoft sudah membuat sistem operasi ini dengan tepat sejak awal," tulis review yang dimuat di Engagdet.

Peningkatan di antaranya terjadi pada peramban bawaan, yakni Microsoft Edge. Seperti dijanjikan sebelumnya, Windows 10 akan memberikan opsi untuk memasang ekstensi selayaknya pada Mozilla Firefox dan Google Chrome.


Dengan adanya fitur ini, pengguna bisa memasang beberapa ekstensi populer seperti AdBlock, LastPass, Pocket dan Evernote. Saat ini pilihan yang ada masih sangat terbatas, tapi diharapkan pengembang akan terus memasok program baru untuk peramban ini.

Selain itu, perubahan lainnya terjadi pada menu mulai atau start menu. Nantinya, start menu menyajikan seluruh aplikasi yang dipasang dalam satu daftar yang sangat panjang.

Pengguna baru mungkin akan kesulitan untuk menyesuaikan diri, tapi cara ini dapat mempermudah akses pada aplikasi yang diinginkan. Selain itu, Live Tiles juga akan dibuat lebih pintar. Misalnya, pengguna akan diarahkan langsung pada artikel tertentu, sesuai dengan yang ditampilkan pada ubin tersebut.

Selain itu, Windows Ink juga mendapatkan peningkatan. Dalam versi terbaru sistem operasi ini, ada antarmuka sendiri untuk pengguna stylus.

Sebagai contoh, pengguna Surface Pen akan ditunjukkan menu tersebut di sebelah kanan layar jika menekan tombol penghapus pada stylus. Dari sana, pengguna bisa membuat Sticky Notes, mengakses papan sketsa kosong atau menulis catatan pada layar.

Windows Hello juga tak ketinggalan diberi peningkatan. Fitur otentikasi biometrik Microsoft ini nantinya dapat digunakan untuk memasuki situs-situs tertentu.

Sementara peningkatan terakhir ada pada fitur utama Windows 10 yang saat ini belum tersedia bagi pengguna di Indonesia, yakni Cortana. Asisten pribadi itu nantinya bisa diakses di manapun pada os, mulai dari layar kunci sekalipun.

Selain itu, Cortana juga dapat berinteraksi dengan platform lain seperti Android dan iOS. Pengguna dapat melihat notifikasi dari telepon seluler, seperti pengingat saat ponsel mulai kehabisan baterai.

"Windows 10 adalah OS yang stabil, aman dan cepat. Pembaruan ini membuatnya semakin baik," tulis artikel itu.

(tyo)


BACA JUGA