Pikachu cs Berikan Rp 1,3 Triliun untuk Niantic

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 02/08/2016 15:23 WIB
Pikachu cs Berikan Rp 1,3 Triliun untuk Niantic Game Pokemon Go (REUTERS/Toru Hanai)
Jakarta, CNN Indonesia -- Hanya berjarak sekitar tujuh hari, Pokemon Go kembali mencetak angka baru terkait popularitasnya. Dari 75 juta unduh, game besutan Niantic Inc. angka tersebut bertambah sebanyak 25 juta.

Setelah tercatat ada 75 juta unduh oleh firma analisis Sensor Tower pada pekan lalu sejak Pokemon Go diluncurkan, kini laporan dari lembaga riset App Annie menunjukan bahwa game augmented reality itu telah diunduh lebih dari 100 juta kali.

Sementara menurut catatan portal berita TechCrunch, sejak diluncurkan pada 4 Juli kemarin, ia meraup sebanyak 50 juta unduh di perangkat Android selama 19 hari.


Selain angka baru jumlah unduh, App Annie juga memaparkan bahwa Pokemon Go telah menghasilkan pendapatan sekitar US$100 juta atau setara Rp1,3 triliun per hari dari aplikasi berbasis Android dan iOS.

Mengutip situs Engadget, berdasarkan catatan analis App Annie sempat terjadi penurunan pendapatan harian yang dialami aplikasi game lain saat Pokemon Go muncul di permukaan. Namun hal tersebut tidak terjadi untuk waktu yang lama.

Yang jelas Pokemon Go dinilai membantu mempopulerkan aplikasi berbasis teknologi augmented reality, serta menjadi acuan para pengembang tentang bagaimana menciptakan game yang memikat para pengguna.

Dalam laporan Sensor Tower sebelumnya disebutkan Pokemon Go mampu melibas game Clash Royale hasil guubahan Supercell dengan total unduh sekitar 10 juta.

Pada dasarnya, yang membuat Pokemon Go begitu mengesankan adalah segala pencapaiannya itu bersifat organik. Game itu tidak memasang iklan mahal di televisi, serta baik iOS maupun Google sampai sekarang tidak menempatkannya di halaman depan App Store dan Play Store.

[Gambas:Video CNN] (tyo)