Produksi Oppo F1 Bakal Dihentikan

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Kamis, 04/08/2016 18:20 WIB
Produksi Oppo F1 Bakal Dihentikan Kehadiran Oppo F1S membuat pabrikan ponsel China itu menghintikan produksi pendahulunya, Oppo F1. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan teknologi asal China Oppo mengaku bakal menyetop produksi F1 di Indonesia.

Ponsel F1 yang dirilis di Tanah Air pada Februari lalu memang menonjolkan fungsi selfie. F1 memang masuk ke dalam seri "selfie expert", mengusung kamera belakang dengan sensor 13 MP beserta lampu kilat LED dan kamera depan 8 MP.

Tak lama setelahnya, pada April kemarin Oppo meluncurkan suksesornya yakni F1 Plus. Di produk ini, resolusi kamera depannya ditingkatkan menjadi 16 MP.


Bodi F1 Plus pun hadir dengan bentuk yang lebih bulat sehingga lebih nyaman digenggam, serta dilengkapi oleh sensor fingerprint pada tombol Home sehingga pengguna bisa membuka lock screen hanya dengan menempelkan jemari.

Tak puas, Oppo kembali melahirkan ponsel untuk penggila selfie, yaitu F1s yang tidak jauh berbeda dengan F1 Plus.

Media Engagement Oppo Indonesia Aryo Meidianto mengatakan, dengan hadirnya dua suksesor F1, maka ponsel pintar tersebut bakal disetop produksinya.

"Kalau penjualan sih bagus F1, tapi kan sekarang sudah ada dua penerusnya," kata Aryo kepada sejumlah awak media usai peluncuran Oppo F1s di Jakarta.

Menurutnya, jika F1 tetap ada dan secara produktif dimanufaktur di pabrik, hal itu justru akan membuat fokus proses produksi jadi tidak efektif dan efisien.

"Nanti para pekerja tetap harus fokus juga ke F1, nanti jadi tidak ada efektif dan lain sebagainya. Jadi lebih baik fokusnya ke dua suksesornya saja," sambungnya.

Meski bakal disetop produksinya, langkah tersebut tidak dilakukan secara sekaligus, melainkan bertahap sampai akhirnya produksinya menjadi benar-benar kosong.

"Paling tidak sampai bulan depan sudah disetop semuanya," tutup Aryo. (pit/pit)