Karya 'Iseng' Desainer Pabrikan Mobil Dunia

CNN & Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Sabtu, 06/08/2016 17:15 WIB
Karya 'Iseng' Desainer Pabrikan Mobil Dunia Maserati bersama La Martina berkolaborasi membuat sadel polo mewah pada 2014 dalam rangka perayaan Maserati Centennial Tour. (Courtesy Maserati)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mereka telah dikenal sejagad raya dalam memproduksi kendaraan, tapi banyak dari merek-merek ternama mengeluarkan produk di luar inti bisnis sebagai produsen mobil.

Raksasa manufaktur Jepang, Honda, mereka hanya mengeluarkan produk berupa mobil dan motor, tapi terkadang merek Honda tertera di kapal pesiar, pesawat jet, dan robot.

Banyak dari merek legendaris mulai membuat motor, seperti BMW, Honda dan Suzuki memadukan mobil dan motor. Tapi bagaimana dengan penggiling merica?


Penggiling kopi, merica dari Peugeot benar-benar dikembangkan serius di Lab Desain Peugeot Perancis. (Courtesy Peugeot)

Peugeot, perusahaan Perancis yang berdiri sejak 1810 mengeluarkan produk berupa penggiling kopi, merica dan rangka payung. Sepeda akhirnya dibuat sebelum mereka memproduksi mobil pertama di tahun 1890.

Merek mewah Italia, Lamborghini produsen mobil super, diawali oleh Ferruccio Lamborghini (1916-1993) dengan memulai membuat traktor di 1948. Sport car baru dimulai sejak 1963.

Toyota bahkan menghadirkan mesin jahit hasil karya desainer ternamanya Oekaki, yang juga ternyata telah mengeluarkan mesin jahit dari 1946. Mazda Kodo bike merilis sepeda yang dikonsepkan oleh Kodo dan dihadirkan di Milan Design Weeks dengan rangka yang dibuat atas dasar teknologi Mazda dari selembar plat.

Mesin jahit Toyota yang didesain oleh Oekaki, desainer Toyota. (Courtesy Toyota)

Merek asal Inggris Jaguar, mengembangkan sepatu kulit yang diadaptasi dari desain mobil Jaguar bersama desainer Oliver Sweeney dengan harga US$420 atau sekitar Rp6 juta.

Tren ini semakin mengemuka di tahun milenia yang membuat pabrikan mobil mulai mencari pembeda dengan mengeluarkan produk-produk di luar karya sebuah mobil, agar pelanggan hidup dalam naungan merek-merek kuda besi empat kaki.

Bentley, salah satu kendaraan mewah paling sukses membuat produk eksklusif mereka sendiri. The Bentley Collection membawa keseragaman dengan merek Bentley sebagai mobil lux, dengan produk-produk yang juga mewah atau premium. Tetap menyematkan DNA Bentley dalam setiap produknya, seperti tas tangan, syal atau sekedar pin dan gantungam kunci dari kulit pilihan.

Jaguar mengembangkan sepatu bersama desainer Oliver Sweeney. (Courtesy Jaguar)

Setidaknya ada tiga item yang menjadi signature Bentley di luar mobil, yaitu sebuah ponsel pintar yang dibuat bersama perusahaan ponsel Inggris Vertu. Syal sutra Infinite Eau de Toilette, hingga tas tangan kulit untuk perempuan. Bahkan sebuah vila Bentely dibuka di Kitzbuhel, Austria yang dipesan melalui pemesanan privat dengan harga US$5.200 untuk tujuh hari.

Dikutip CNN, bahkan Bentley berkolaborasi dengan St Regis New York menghadirkan tempat menginap mewah di St Regis Istanbul dengan harga mulai dari US$4.700 permalam, bagi mereka pemilik Bentley. (pit/pit)