Pokemon Go Resmi Hadir di Indonesia

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Sabtu, 06/08/2016 09:51 WIB
Pokemon Go Resmi Hadir di Indonesia Game Pokemon Go resmi rilis di Indonesia (CNN Indonesia/Adhi Wicaksono)
Jakarta, CNN Indonesia -- Akhirnya yang ditunggu-tunggu telah tiba. Game mobile yang tengah naik daun, Pokemon Go, secara resmi hadir dan bisa diunduh melalui Google Play Store dan App Store Indonesia.

Pengumuman ini disampaikan oleh akun Pokemon Go sendiri melalui akun resmi Facebook mereka sekitar satu jam yang lalu. Disebutkan bahwa game berbasis augemented reality ini sudah hadir di 15 negara Asia dan Ocenia.

Kelompok negara itu adalah  Brunei, Kamboja, Indonesia, Laos, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, Vietnam, Taiwan, Papua New Guinea, Fiji, Solomon Islands, Federated States of Micronesia, dan Palau.


Dengan rilis secara resmi itu para Pokemon Trainer bisa dengan tenang mencari monster-monster dan terlepas dari masalah yang dihadapi karena menggunakan link pihak ketiga.

Sebelumnya sebagian besar pemburu Pokemon di Indonesia menggunakan akun Amerika Serikat untuk mengunduh Pokemon Go di App Store atau mencari file .Apk di luar Play Store untuk pengguna Android.

Sehari sebelumnya, game ini juga mengunjungi kawasan Amerika Tengah dan Selatan. Peluncurannya diwarnai kekecewaan sebelumnya dari para atlet yang bertanding di Olimpiade 2016, Brasil, karena tak mendapatkan monster, Pokstop dan Gym di negeri Samba itu.

Firma analisis Sensor Tower memaparkan jumlah unduh Pokemon Go di platform Android dan iOS sudah menyentuh angka 75 juta kali unduh sejak ia diluncurkan pada awal Juli.

Lebih rinci, hanya butuh 19 hari bagi game berbasis teknologi GPS dan augmented reality itu untuk menembus 50 juta unduh.

Jika dibandingkan, game Color Switch membutuhkan waktu selama 77 hari untuk mencapai angka unduh tersebut.

Pokemon Go juga tercatat telah mengalahkan Clash Royale hasil gubahan Supercell yang total unduhnya 10 juta saja. (tyo)