Lagi, Apple Akuisisi Startup Kecerdasan Buatan Turi Rp 2,6 T

Aditya Panji, CNN Indonesia | Selasa, 09/08/2016 15:43 WIB
Turi menawarkan alat yang memungkinkan ahli pemrograman mengadopsi kecerdasan buatan dalam platform mereka. Ilustrasi. (REUTERS/Brendan McDermid)
Jakarta, CNN Indonesia -- Apple memperluas portofolio akuisisinya atas perusahaan rintisan (startup) yang mengembangkan kecerdasan buatan. Kali ini yang diakuisisi adalah Turi senilai US$200 juta atau sekitar Rp2,6 triliun, menurut laporan GeekWire.

Apple membenarkan aksi akuisisi itu dan mengatakan langkah itu dilakukan untuk memperkuat layanan Apple. Dalam hal ini, Turi menawarkan alat yang memungkinkan ahli pemrograman mengadopsi kecerdasan buatan dalam platform mereka.

Namun, dengan dibelinya Turi oleh Apple, besar kemungkinan alat dan tim Turi ke depannya hanya bekerja untuk mengembangkan Apple.
Apple akhir-akhirnya ini gencar melakukan aksi akuisisi terhadap perusahaan kecerdasan buatan yang seakan menunjukkan perusahaan hendak membangun aplikasi dan layanan yang jauh lebih cerdas.


Selain Turi, Apple diketahui telah mengakuisisi tiga perusahaan kecerdasan buatan antara lain VocalIQ , Emotient , dan Perceptio.
Sekarang ini, perusahaan teknologi besar telah bergerak mengembangkan teknologi peranti lunak kecerdasan buatan dan Apple tentu ingin keluar sebagai pemimpin. Bahkan, ada yang dikombinasikan dengan peranti keras (hardware) seperti yang dilakukan Boston Dynamics yang dimiliki Google. (adt/tyo)