Pesan Gojek dan Grab Kini Bisa Lewat Google Maps

Aditya Panji , CNN Indonesia | Selasa, 09/08/2016 14:31 WIB
Pesan Gojek dan Grab Kini Bisa Lewat Google Maps Pesan Gojek bisa lewat Google Maps (CNN Indonesia/Alfani Roosy Andinni)
Jakarta, CNN Indonesia -- Google menambahkan layanan Gojek dan Grab dalam fitur pemesanan kendaraan pada peta digital Google Maps khusus kawasan Indonesia mulai Selasa (9/8).

Sebelumnya, kolom pemesanan kendaraan secara online di Google Maps hanya diisi oleh Uber. Kini, Google menambahkan alternatif pemesanan kendaraan dengan Grab dan Gojek.


Pilihan untuk memakai Gojek, Grab, dan Uber, bisa dilihat pengguna dengan masuk ke menu transportasi publik ataupun menu transit.

"Sekarang kami menambahkan fitur pilihan Grab dan Gojek untuk pengguna Google Maps di Jakarta. Ini akan memudahkan mereka dalam menempuh perjalanan," kata VP Engineering Google Maps, Hugh Williams, dalam acara Google for Indonesia di Jakarta.

Google Maps menyediakan informasi tentang durasi perjalanan dan tarif jika pengguna memilih untuk memesan kendaraan secara online. Jika pengguna mengklik salah satu layanan ini, maka bakal diarahkan ke aplikasi yang dipilih.

Google memang terus menyempurnakan layanan peta digitalnya agar bisa dimanfaatkan secara maksimal di Jakarta. Baru-baru ini mereka menambahkan fitur agar Google Maps dapat dipakai untuk melacak pergerakan bus TransJakarta.

Pengelola TransJakarta menyediakan informasi mengenai lokasi busnya yang terpantau melalui Global Positioning Satelite (GPS) kepada Google.

Kemudian, pihaknya menerjemahkan informasi tersebut dengan menggunakan algoritma sendiri untuk memprediksi kapan bus akan tiba di halte agar pengguna Google Maps dapat mengestimasi waktu tempuh untuk mencapai tujuan.