Setelah Ponsel Android, MiFi Jadi Andalan Baru Smartfren

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Minggu, 14/08/2016 15:02 WIB
Setelah Ponsel Android, MiFi Jadi Andalan Baru Smartfren Modem portabel Smartfren Andromax M2S. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Penyedia layanan telekomunikasi seluler Smartfren Telecom selama ini memperluas jumlah penggunanya dengan menyediakan ponsel pintar, dan kini mereka gencar menawarkan modem WiFi portabel yang disebut sebagai andalan baru perusahaan.

Chief Brand Officer Smatrfren Roberto Saputra mengatakan, estimasi penjualan modem WiFi portabel alias MiFi secara keseluruhan sudah di atas satu juta unit. Hal tersebut, dikatakannya, menjadi bukti bahwa kontribusi MiFi sangat signifikan.

"MiFi Andromax ini menjadi unggulan kami dibanding operator lain. Adopsi 4G LTE menjadi semakin meningkat," ucapnya di sela Media Gathering di Ubud, Bali, Kamis (11/8).



MiFi selama ini dijadikan solusi untuk para pengguna laptop yang membutuhkan koneksi Internet di mana saja mereka berada. MiFi juga menjadi solusi pusat koneksi Internet untuk konsumen yang memakai lebih dari dua ponsel pintar, sehingga mereka tak perlu berlangganan dua layanan data yang berbeda.

"Peluang besar bagi MiFi adalah untuk para konsumen yang penasaran ingin mencicip 4G, namun belum bersedia mengganti perangkatnya. Sisi positifnya, adopsi LTE ya terus melonjak," sambungnya.

Kontribusi aktivasi MiFi paling besar berasal dari Pulau Jawa yang mencapai sekitar 90 persen, di mana 50 persennya berada di kawasan Jabodetabek.


Saat ini Smartfren terus berjuang memperluas pasar MiFi di luar Jawa, sekaligus memperkuat infrastruktur darat.

"MiFi itu sifatnya netral, siapapun boleh pakai tidak perlu melihat ponselnya apa dan operator yang dipakai apa. Kontribusi aktivasi terbesar dari produk Smartfren memang berasal dari MiFi," imbuh Roberto.

Melihat begitu besar potensi MiFi ini, Smartfren tak lama lagi akan menyediakan aplikasi baru yang memungkinkan MiFi bisa melayani pesan teks (SMS) dan telepon (voice), sehingga tak terbatas menyebarkan akses Internet saja.

Service Management Data Service Smartfren Ari Abdya Putra mengatakan, kemampuan tersebut bisa sebagai penyedia alternatif jaringan bagi pelanggan yang masih membutuhkan fitur dasar seperti SMS dan telepon.

Aplikasi yang masih dirahasiakan itu nantinya bakal diintegrasikan ke MiFi Andromax dan pengguna tinggal masukan nomor ponsel yang didaftarkan di MiFi tersebut. (adt)