UCWeb Luncurkan Aplikasi Perangkum Berita

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Selasa, 30/08/2016 18:07 WIB
UCWeb Luncurkan Aplikasi Perangkum Berita General Manager UCWeb Alibaba Mobile Business Group Kenny Ye. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)
Jakarta, CNN Indonesia -- Perusahaan asal China UCWeb Inc. meluncurkan aplikasi anyar bernama UC News yang merangkum konten berita, Selasa (30/8).

UCWeb yang merupakan anak perusahaan Alibaba ini menyediakan sejumlah layanan bagi masyarakat Indonesia, di antaranya UC Browser dan UC News.

Aplikasi UC News yang baru dirilis ini menyuguhkan linimasa dari mitra portal berita di dalamnya. Linimasa tersebut pun terbagi atas beberapa kanal, yakni gaya hidup, nasional, internasional, teknologi, olahraga, hingga terpopuler.


Tampilan aplikasi UC News yang diluncurkan UCWeb. (CNN Indonesia/Hani Nur Fajrina)

"Data dari UC Browser menunjukan rata-rata orang Indonesia membaca empat sampai 12 artikel berita per hari," ucap General Manager UCWeb Alibaba Mobile Business Group Kenny Ye saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (30/8).

Dari situ pihak UCWeb melihat ada peluang di sektor penyediaan konten, khususnya platform yang menyajikan linimasa berita kepada konsumen.

Namun, UCWeb lebih memanfaatkan peran content creator hingga bloger sebagai pemain utama yang membuat konten berita dari mitra kantor berita.

Dijelaskan Ye, UC News menggunakan teknologi big data untuk mengakses konten dan menyesuaikan apa yang ingin konsumen baca.

Mengenai kecocokan topik, Ye mengatakan UC News bakal menyesuaikan dengan apa yang sedang hangat di jejaring sosial Facebook dan Twitter.

"Sejauh ini ada 50 media yang telah bermitra dengan kami. Dengan bantuan para bloger dan kontributor, kami pelan-pelan akan menciptakan komunitas sendiri di sini agar tumbuhnya bisa cepat," jelas Ye lagi.

Saat CNNIndonesia.com mencoba layanan UC News, desainnya cukup segar dengan latar belakang warna putih dan kuning di bagian kolom kategori berita.

Tampilan antarmuka (user interface/UI) juga enak dipandang tanpa hambatan atau lag. Hanya saja butuh koneksi bagus agar foto header berita bisa muncul di linimasa.

"Untuk saat ini kami masih menyediakan konten tulisan dan foto, namun ke depannya sudah pasti bakal diperkaya dengan video," imbuh Ye.

UC News bisa diunduh secara gratis di Google PlayStore untuk perangkat Android, sedangkan perangkat iOS masih harus bersabar karena aplikasinya sedang dalam tahap penyelesaian di dalam Apple App Store. (tyo)