LG V20 Resmi Dirilis dengan Android 7.0 Pertama

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 07/09/2016 09:27 WIB
Selain telah dibekali Android 7.0 Nougat, V20 juga mengunggulkan fitur audio dan kamera. LG V20 (Dok. LG Mobile)
Jakarta, CNN Indonesia -- Bersamaan dengan ketersediaan Android versi 7.0 untuk perangkat Nexus dua pekan lalu, Google diketahui membocorkan LG V20 akan menjadi perangkat pertama yang dibekali peranti lunak terbarunya.

Tak perlu menunggu lama, LG pun membenarkan bocoran tersebut lewat sebuah acara peluncuran pada Selasa (7/9) malam di San Fransisco, Amerika Serikat. Dengan memanfaatkan momen dua hari jelang peluncuran iPhone 7 dan insiden yang tengah dihadapi Galaxy note S7, LG V20 secara resmi melenggang.


Seperti diwartakan The Verge, selain telah dibekali Nougat, V20 juga telah menggunakan chipset Snapdragon 820 dengan RAM 4GB dan memori 64GB.


Bodi ponsel diklaim memiliki ketahanan tinggi karena menggunakan material alumuium AL6013. Sekedar informasi, material yang sama kerap digunakan untuk pesawat terbang dan kapal.
LG V20 (Dok. LG Mobile)

Sepintas desainnya menyerupai G5 meski tidak modular, bagian penutup belakang dan baterai bisa dilepas. Tak lupa sebuah sensor sidik jari yang disematkan tepat di bawah kamera belakang.


Layar 5,7 inci

Serupa dengan suksesor V10, LG kembali menggunakan layar berukuran 5,7 inci, IPS dengan resolusi QuadHD. Meski menggunakan teknologi yang sama, LG memastikan V20 memiliki tingkat kecerahan layar dua kali lebih tinggi yakni 68 nits.

Dual kamera belakang
V20 mengusung sistem dual-kamera di bagian belakang dengan resolusi 16MP dan 8 megapiksel. LG mengadopsi sistem Steady Record 2.0 yang dimiliki Qualcomm - yang mampu menjaga hasil gambar tetap stabil. Selain itu juga teknologi image stream analysis (DIS) untuk mendeteksi benda bergerak dan menimalisir distorsi.

Di sisi kamera depan, LG telah membekali V20 dengan sebuah kamera 5MP f/1.9 yang mampu mengambil gambar dalam mode normal maupun wide angle.

Andalkan fitur audio
LG menggandeng Bang & Olufsen untuk memberikan sensasi audio yang diluar ekspektasi. V20 telah didukung pengaturan volume dan dentuman bas yang sempurna di telinga. Kabarnya, LG juga akan melengkapi aksesoris berupa hedaphone B&O dalam paket penjualan.


Untuk memaksimalkan semua fitur unggulannya, V20 telah dibekali baterai yang bisa dilepas berkapasitas 3.200mAh dan teknologi QuickCharge 3.0.

LG V20 akan tersedia dalam pilihan warna Titan, Pink, dan Silver. Sayangnya, rival senegara Samsung ini belum mengungkap berapa harga ritel V20 saat mulai dipasarkan akhir September nanti. (evn)


BACA JUGA