Konsol Baru PlayStation 4 Pro Kini Dukung Game 4K

Aditya Panji, CNN Indonesia | Kamis, 08/09/2016 13:32 WIB
Konsol Baru PlayStation 4 Pro Kini Dukung Game 4K Ilustrasi PlayStation (REUTERS/Lucy Nicholson)
Jakarta, CNN Indonesia --
Sony melakukan penyegaran atas konsol game PlayStation 4 dengan menghadirkan PlayStation 4 Pro (PS4 Pro) yang kini diklaim mendukung permainan video berkualitas gambar 4K dan High Dynamic Range (HDR).

Dari sisi desain, tampil lebih ramping, lebih ringan, dan bagian depannya terlihat seperti tiga anak tangga. Dari sisi peranti keras, tentu saja ia memakai CPU dan GPU yang lebih kuat dibandingkan PS4.

Kemampuannya memuat resolusi 4K bisa memberi grafis lebih tajam dan detail, sementara HDR memungkinkan visual tampil seakan lebih dekat seperti cara mata manusia melihat dunia nyata.
Jika pengguna tidak memakai televisi 4K atau HDR, Presiden dan CEO Global Sony Computer Entertainment Andrew House mengatakan, konsol ini masih memberi sejumlah manfaat.


Dalam skenario ini semua game disebutnya akan berjalan pada resolusi 1080p, dan beberapa akan berjalan dalam framerate lebih tinggi atau lebih.

Menurut rencana, Sony akan meluncurkan PS4 Pro ke pasar pada 10 November 2016 dengan harga US$300,99.

Saat peluncuran nanti, ada beberapa game yang juga rilis dengan dukungan resolusi gambar 4K termasuk Uncharted 4, Call of Duty: Infinite Warfare, Horizon: Zero Dawn, Mass Effect: Andromeda and Days Gone.

Selain untuk keperluan bermain, Andrew berkata perangkat ini juga dapat dimanfaatkan untuk menonton program TV atau film favorit dan untuk ini Sony telah merangkul sejumlah layanan streaming video.
“Netflix akan meluncurkan aplikasi baru pada peluncuran PS4 Pro yang mendukung 4K. YouTube juga mengembangkan aplikasi baru kompatibel 4K untuk PS4 Pro,” tulis Andrew dalam publikasi di blog resmi PlayStation.

Sony menjanjikan tidak akan ada fitur gameplay eksklusif di PS4 Pro untuk menjaga standar PS4 yang telah dijual dan dimainkan pada tahun 2013, agar keasyikan bermain tetap terjaga.

Andrew juga akan memenuhi janji bahwa sistem keluarga PS4 siap memainkan konten realitas virtual (virtual reality) dari perangkat PlayStation VR.
(evn)