Mobil-mobil Mutan di Burning Man Festival

Hafizd Mukti, CNN Indonesia | Kamis, 08/09/2016 15:55 WIB
Mobil-mobil Mutan di Burning Man Festival Pengunjung melihat aksi kendaraan mutan di gelaran seni Burning Man di Gurun Nevada, 30 Agustus 2016. (REUTERS/Jim Urquhart)
Jakarta, CNN Indonesia -- Mereka datang dalam bentuk suku cadang yang dibawa oleh truk atau trailer setelah melewati tol America's Interstate 80 di gurun Black Rock, Nevada demi menghadiri festival tahunan Burning Man yang baru selesai 5 September 2016 dengan kehadiran manusia nyaris 70 ribu orang.

Di atas gurun datar, puluhan ribu orang berkumpul membawa 'sampah' kayu, besi, dan material aneh lainnya yang dirakit menjadi sebuah kendaraan mutan dalam festival seni paling spektakuler dan gila lebih tepatnya.

Sejumlah kendaraan ini sudah pasti akan gagal melewati standar keselamatan jalanan, namun dipastikan memenuhi standar Departemen Kendaraan Mutan (DMV) Burning Man yang membuat mereka bisa tampil di sana.
Peserta Burning Man menggunakan pesawat carteran untuk ikut serta di gelaran seni terbesar. (REUTERS/Jim Urquhart)
"Kendaraan-kendaraan itu haruslah benar-benar bermutasi, memperlihatkan tidak ada sedikitpun menyerupai kendaraan yang ada atau seperti mobil jalanan," ujar DMV yang memastikan mobil-mobil aneh itu ada di arena Burning Man.
DMV mengeluarkan 650 lisensi untuk kendaraan mutan tahun ini. Banyak mobil-mobil tidak masuk kriteria panitia Burning Man, namun puluhan ribu mobil datang ke festival ini, termasuk mereka yang menaiki motor atau berjalan kaki.


Kepada CNN, fotografer yang telah mengabadikan festival ini dalam dekade terakhir Scott London mengatakan jika Burning Man jadi laboratorium ekspresi atas kreatifitas dari semua jenis hasrat seni manusia.

"Memperlihatkan kemampuan mulai dari menari, berjalan di atas api, selera pakaian, kendaraan dan instalasi seni. Ini akan membuatmu tertegun dan tidak akan dapat dilihat di mana pun selain di gurun Nevada," kata Scott.

Menjadi perhatian Scott tahun ini adalah soal seni kendaraan di Burning Man. Ibarat mengulang ke 1990, yang mana orang-orang enggan menggunakan mobil yang hanya sebuah mobil, tapi mereka ingin menggunakan mobil yang menarik perhatian. Tapi di Burning Man, mereka menarik perhatian dengan cara yang sangat ekstrim.
"Mobil-mobil di Burning Man memberikan gambaran seberapa jauh imajinasi paling liar yang dimiliki manusia atas sebuah mobil."
Mobil mutan "Carnival of Mirrors" di arena Burning Man. (Reuters/Jim Urquhart)
Beberapa kendaraan adalah karya para seniman bonafit yang mencurahkan kecintaannya atas seni dan membuat suatu hal yang tidak umum atas bentuk sebuah mobil, sebut saja mobil mereka layaknya seekor hiu raksasa dari besi karat dengan kesan industrial mengeluarkan api dari mulutnya.

Menarik perhatian puluhan ribu pengunjung adalah "El Pulpo Machanico", kendaraan berbentuk gurita mekanik yang dibuat seniman Duane Flatmo berpenggerak motor dengan tentakel yang mengeluarkan semburan api menjadi bintang di Burning Man 2016.

"Itu sangat original," ujar Scott.

Dari tahun ke tahun, kendaraan mutan yang hadir di Burning Man, untuk hal yang lebih baik atau lebih buruk saat ini lebih besar, lebih mahal dan lebih mutakhir.
Tahun ini, dalam sebuah grup yang ikut berpartisipasi ada sebuah sesi membakar uang dan tahun lalu kemunculan mobil bebek karet raksasa sangat mencengangkan dengan dance floor dan atraksi laser di atanya.

"Jika Anda menaiki mobil-mobil tersebut, maka Anda akan terjebak di situ. Mereka mengendarainya dengan batasan 5 mil perjam. Saya bisa lebih cepat, karena saya mengunakan motor tua janky."

Dengan semakin popularnya Burning Man dan arena yang sangat luas berdiameter nyaris 10 kilometer, mungkin 10 hari gelaran Burning Man, Anda hanya bisa melihat beberapa mobil mutan saja.

"Nyaris tidak mungkin untuk melihat semuanya di festival ini." (pit/pit)


ARTIKEL TERKAIT