Video Pen Pineapple Apple Pen Sedang Viral, Apa Alasannya?

Bintoro Agung | CNN Indonesia
Selasa, 27 Sep 2016 11:26 WIB
Menancapkan pena ke apel dan nanas bisa jadi adalah sesuatu yang tak masuk akal, tetapi hal ini dinilai lucu sekaligus magis oleh remaja Jepang. Cuplikan video Pen Pineapple Apple Pen yang dibawakan oleh Kazuhiko Kosaka (Piko Tako) kini sedang viral di media sosial. (Dok. Kazuhiko Kosaka via YouTube)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah video dari Jepang sedang viral di jagat maya pada akhir September ini. Video tersebut berjudul Pen Pineapple Apple Pen atau disingkat PPAP.

Video ini dibuat oleh Piko Taro, karakter fiktif yang diciptakan dan dimainkan komedian sekaligus musisi asal Jepang Kazuhiko Kosaka. Ia juga dikenal di negara asalnya dengan nama DJ Kosaka Daimaou.

Karakter Piko Taro pertama kali ia perkenalkan dalam acara stand up comedy. Disukai banyak orang, Kosaka mengembangkan karakter Piko Taro lebih jauh dengan membuatkan saluran di YouTube dan sering mengunggah video musik singkat berbahasa Jepang.

Video Pen Pineapple Apple Pen sendiri sampai saat ini telah mendulang 4,2 juta lebih penonton dan kemungkinan akan terus bertambah beberapa hari ke depan.


Yang menjadi pertanyaan besar, apa yang membuat Pen Pineapple Apple Pen menjadi viral?

Dengan durasi 1 menit 8 detik, musik elektronik yang catchy mengiringi lirik sangat sederhana sehingga cukup sekali saja mendengar, lagu ini mungkin terngiang-ngiang di kepala. Goyangan tubuh Piko Taro di detik-detik awal adalah faktor kedua yang mungkin membuat video ini viral.

Dalam video itu, Piko Taro mensimulasikan adegan pena yang ditancapkan atau digabungkan ke buah nanas dan apel. Menancapkan pena ke buah bisa jadi adalah sesuatu yang tak masuk akal, tetapi hal ini dinilai lucu sekaligus magis oleh remaja Jepang. Ini juga yang jadi dasar judul video yang diusung: Pena-Nanas-Apel-Pena (Pen-Pineapple-Apple-Pen).

Beberapa warga Jepang pun menyambutnya dengan membuat video parodi atas Pen Pineapple Apple Pen.

[Gambas:Youtube]

Sebenarnya video ini telah sebulan mengudara di kanal Youtube milik Piko Taro sejak 25 Agustus silam. Di Indonesia, beberapa hari belakangan, video PPAP ini kerap berseliweran di linimasa Facebook atau Twitter dan tidak terhindarkan.

Tak hanya di Indonesia dan Jepang, 'wabah' PPAP ini telah menular hingga ke Barat. Beberapa media besar di Amerika seperti Time bahkan menyebutnya sebagai "the next Gangnam Style." Walaupun, ada juga pihak yang menilainya tidak masuk akal untuk menjadi viral.

Bagaimana menurut Anda?

(adt)
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

TERPOPULER