Lebih Cerdas, Google Assistant Siap Saingi Siri

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 05/10/2016 11:32 WIB
Google memperkenalkan layanan bernama Assistant yang diklaim memiliki kecerdasan lebih tinggi dibanding Google Now. Ia siap bersaing dengan Siri dari Apple. Aplikasi Allo yang sudah mendukung fitur Google Assistant (CNN Indonesia/Aditya Panji)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meski Google sudah memiliki layanan asisten digital Google Now, raksasa teknologi seakan tak puas untuk memberi sentuhan yang lebih cerdas ke layanan anyar Assistant yang baru diperkenalkan secara resmi di acara Made by Google, Selasa malam (4/10).

Bukan sekadar penarik konten dari mesin pencari, platform baru ini juga bisa melakukan dua hal, seperti tindakan langsung dan tindakan percakapan. Menariknya, Google Assistant memiliki 'tingkat kepintaran' berbeda jika digunakan di berbagai jenis perangkat.

Mengutip The Verge, layanan personal ini bisa berfungsi maksimal saat digunakan dengan ponsel Google Pixel, aplikasi Allo, dan perangkat elektronik pintar di rumah.


Saat disinkronisasi dengan perangkat elektronik pintar, Assistant bisa berfungsi layaknya sebuah remote. Mulai dari menyalakan dan mematikan lampu, memutar video di TV, mengatur alarm, hingga memutar musik.


Ketika digunakan melalui ponsel Pixel, pengguna bisa meminta Assistant untuk melakukan berbagai hal, mulai dari mengatur agenda, memutar video YouTube, mengirim pesan, hingga memesan taksi. Hanya dengan menekan tombol Home, lalu Assistant akan muncul dan menanyakan hal apa yang bisa dilakukannya.

Untuk bisa melakukan tindakan langsung seperti memesan taksi, Google memastikan akan melakukan kerjasama dengan pihak lain dan pengembang aplikasi pihak ketiga, seperti Uber, CNN, LinkedIn, dan lainnya.

Sementara itu, saat terhubung dengan layanan pesan instan Allo, Assistant berfungsi layaknya chatbot. Ketika pengguna mengajukan pertanyaan, Assistant akan memunculkan jawaban di layar ponsel.

Beberapa fitur dan kemampuan yang ditawarkan Assistant sebenarnya sudah lebih dahulu diperkenalkan melalui Google Now. Hanya saja, Assistant memiliki kemampuan dan tingkat kecerdasan yang lebih baik dalam mendeteksi setiap informasi yang diajukan pengguna.

Hadirnya Assistant menambah deretan layanan asisten digital pintar yang telah lebih dulu dikembangkan seperti Siri dari Apple, Cortana dari Microsoft, dan Alexa dari Amazon.

Google Now dan Assistant

Jika Google Now merupakan platform asisten virtual berbasis suara, maka tidak demikian dengan Assistant. Versi asisten teranyar ini tak hanya bisa menerima perintah berbasis suara, tetapi juga melalui teks.

Keduanya bisa digunakan untuk melakukan banyak hal, mulai dari memesan melakukan pencarian, membuat jadwal dan alarm, hingga membuat jadwal penerbangan. Google memastikan algoritma yang disematkan pada Assistant lebih baik dibandingkan Google Now, sejumlah informasi terkait dengan hal yang ditanyakan pengguna akan turut ditampilkan.

Misalnya, jika pengguna melakukan pencarian menggunakan Google Now, maka informasi yang muncul sesuai dengan apa yang diminta seperti mencari restoran terdekat.

Sementara Assistant dibekali kecerdasan yang lebih baik dan mampu mempelajari hal-hal detil sang pengguna. Sehingga saat diminta mencari restoran terdekat, Assistant akan memberikan rekomendasi sesuai dengan 'history' restoran serupa yang dikunjungi atau melalui pencarian menu masakan serupa. (tyo)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK