Pink Avatar di Media Sosial, Lambang Duka Bagi Raja Bhumibol

Christina Andhika Setyanti, CNN Indonesia | Jumat, 14/10/2016 03:47 WIB
Pink Avatar di Media Sosial, Lambang Duka Bagi Raja Bhumibol Raja Bhumibol Adulyadej (REUTERS/Sukree Sukplang)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meninggalnya Raja Bhumibol Adulyadej menyisakan dukacita mendalam bagi Thailand. Sebagai bentuk dukacitanya, warga Thailand membanjiri linimasa media sosial dengan mengganti gambar profil mereka dengan banner berlatar belakang pink dan tambahan gambar hati di tengahnya.

Hati berwarna kuning ini melambangkan Raja Bhumibol karena dia lahir di hari Senin. Sedangkan warna pink sudah sejak lama diasosiasikan dengan raja selama bertahun- tahun. Termasuk sejak ahli astrologi kerajaan mengungkapkan bahwa pink adalah warna yang baik untuk raja dan bisa menjaga dia tetap sehat.

Gambar ini memiliki pesan utama yang berarti "Love the King.” Selain itu, dalam banner pink tersebut juga bertuliskan pesan lainya dalam bahasa Thailand yang berbunyi "Long Live the King.” Banner berwarna pink dengan tambahan hati ini mendominasi akun Twitter dan Instagram warga Thailand.


Mengutip Bangkok Post, Putri Ubolratana, putri Raja Bhumibol Adulyadej dengan Ratu Sirikit juga menunjukkan kesedihannya lewat avatar berwarna pink yang bertuliskan Nicha Love the King di akun Instagramnya.

Avatar ini dilaporkan didesain oleh seorang pengguna Facebook bernama Kulthida Kul. Dia mendesainnya dan mengunggahnya ke album foto di Facebook. Kulthida juga membebaskan semua orang menggunakan avatar ini dengan gratis.

“Anda bebas untuk memakainya,” tulisnya di akun Facebook. “Tidak perlu izin untuk berbagi foto ini.”

Di Facebook, mantan Perdana Menteri Abhisit Vejjajiva, Yingluck Shinawatra dan adiknya Thaksin juga mengubah banner di akun Facebook mereka dengan pesan Long Live the King.

(chs)