Melihat Koper Pintar yang Bisa 'Bergerak' Sendiri

Bintoro Agung Sugiharto , CNN Indonesia | Kamis, 20/10/2016 05:43 WIB
Melihat Koper Pintar yang Bisa 'Bergerak' Sendiri
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah perusahaan asal California, Travelmate Robotics menciptakan sebuah koper pintar yang mampu bergerak mengikuti pemiliknya.

Koper pintar ini akan terus bergerak sekitar 1 meter di belakang pemiliknya dengan kecepatan hingga 10 km/jam. Benda ini bekerja dengan mendeteksi lokasi ponsel yang pemiliknya.

"Tak banyak perubahan yang terjadi pada koper selama berpuluh-puluh tahun lewat. Butuh inovasi baru untuk itu," ujar David Near, CEO Travelmate Robotics kepada CNN Money.


Near mengaku sejauh ini koper tersebut telah sukses diuji melintasi area perbelanjaan dan trotoar. Ia juga tak khawatir apabila koper yang ia ciptakan itu menabrak sesuatu di tempat padat orang seperti bandara atau stasiun kereta.

Sensor inframerah yang dibenamkan ke dalam koper pintar ini berperan besar untuk mendeteksi objek di sekeliling agar dapat dihindari. Rencananya versi teranyar yang akan dipasarkan tahun depan diperkirakan menggunakan sensor yang berbeda, entah itu kamera atau radar.

Meski demikian, koper pintar yang diperkenalkan ke publik masih berupa purwarupa. Sistem sensor yang membuatnya 'melihat' dan menghindari objek sekelilingnya juga masih belum sempurna.

Salah satu yang paling penting adalah apakah sensor koper pintar tersebut dapat berfungsi sempurna di sebuah tempat yang sangat padat seperti di bandara internasional.

Salah satu pekerjaan rumah lain untuk Near adalah risiko pencurian. Jika koper berada 4,5 meter dari ponsel pemiliknya, alarm akan otomatis berbunyi. Alarm yang sama juga akan muncul dari ponsel cerdas sang empunya.


Namun pencipta koper pintar ini masih mencari cara bagaimana alarm yang ada tidak bereaksi di situasi normal seperti saat pemeriksaan di bandara.

Untuk menyempurnakan proyek ini, timnya membutuhkan dana US$100 ribu atau sekitar Rp1,3 miliar. Namun sejauh ini perusahaannya baru mengumpulkan 3 persen dari jumlah yang dibutuhkan.

Near memproyeksikan koper pintar ini akan menyasar untuk semua kalangan mulai dari pebisnis, turis, hingga kaum difabel. Rencananya koper ini akan tersedia dalam tiga ukuran dengan harga dari Rp5,2 juta, Rp6,4 juta, dan Rp7,75 juta.

"Untuk banyak hal, memiliki koper pintar jauh lebih nyaman," akunya.