Kembangkan Langit Musik, Telkomsel Ajak Layanan Musik Digital

Ervina Angraini | CNN Indonesia
Senin, 31 Okt 2016 18:03 WIB
Merujuk pada data perusahaan, dalam sehari pelanggan Telkomsel menghabiskan waktu dua hingga tiga jam untuk layanan musik streaming. Telkomsel merangkul beberapa layanan musik digital untuk memperbaharui layanan musik Langit Musik Telkomsel. (Dok. Telkomsel)
Jakarta, CNN Indonesia -- Meningkatnya pengguna layanan musik digital mendorong Telkomsel untuk menghadirkan pembaharuan pada layanan musik digital Langit Musik. Merujuk pada data perusahaan, dalam sehari pelanggan Telkomsel menghabiskan waktu dua hingga tiga jam untuk layanan musik streaming.

Meski secara bisnis dan jumlah pengguna masih kecil, VP Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel Ririn Widaryani mengaku optimis layanan musik digital akan terus tumbuh.

"Saat ini 17 juta pelanggan Telkomsel merupakan penikmat layanan musik digital. Aplikasi Langit Musik memiliki 4 juta koleksi lagu dan hingga saat ini sudah diunduh sebanyak 500 ribu kali," imbuh Ririn sesaat setelah konferensi media di Jakarta, Senin (31/10).


Ririn mengklaim sekitar 150 ribu pengguna Langit Musik secara aktif menikmati layanan tersebut per bulannya.

Untuk mendorong pertumbuhan pengguna, dalam kesempatan yang sama Telkomsel menggandeng penyedia layanan musik serupa seperti Joox, Guvera, Smule, Prambors FM, dan Gen FM. Melalui kerjasama ini Telkomsel merilis paket data MusicMAX dengan kuota hingga 2 GB untuk menikmati layanan musik digital.'

Kerjasama yang disepakati disebut Ririn untuk memberikan keberagaman layanan, meski di sisi lain unsur kompetisi tidak bisa terbantahkan.

"Semangatnya untuk memberikan pilihan platform demi mendukung ekosistem industri kreatif sehingga menguntungkan pelanggan. Mengenai persaingan head-to-head tentu tidak bisa dihindari, kami ingin mensejajarkan Langit Musik dengan layanan global" ucapnya.

Dengan menyandingkan layanan musik digitalnya dengan enam aplikasi streaming tersebut, Ririn memasang target pertumbuhan pengguna Langit Musik bisa menyentuh 3 juta di akhir tahun 2016.

Adanya pilihan paket data khusus streaming musik disebut Ririn menyasar 17 juta pelanggan yang sejauh ini sudah menjadi penikmat layanan musik digital. Dengan kuota hingga 2 GB, menurutnya sudah mengakomodir kebutuhan pengguna terhadap layanan musik streaming.

"Pada dasarnya layanan musik digital berbeda dengan video, konten musik hanya memerlukan kuota kurang dari 100 MB per bulan. Dengan pilihan paket kuota hingga 2 GB untuk menikmati enam layanan musik streaming rasanya lebih dari cukup.," ucapnya menambahkan.

Untuk berlangganan paket MusicMAX, pelanggan bisa mengakses melalui aplikasi 'My Telkomsel' dengan memilih menu 'Pilih Paket' - 'Entertainment' - pilih MusicMAX. Selain itu bisa juga melalui menu akses *363#, lalu pilih 'MusicMAX'.

Paket MusicMAX menawarkan kuota streaming music hingga 2 GB untuk mengakses aplikasi LangitMusik Premium, JOOX, Smule, Guvera, Prambors FM, dan Gen FM dengan harga mulai dari Rp6 ribu perminggu dan Rp 20 ribu perbulan. Ada juga paket premium yang menyediakan fasilitas JOOX VIP yang memungkinkan pelanggan menikmati koleksi lagu lengkap dengan lirik dan fitur menarik lainnya di aplikasi JOOX dengan kuota 1 GB seharga Rp 49 ribu perbulan. (pit/pit)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER