Ragam Reaksi Netizen di Twitter Setelah Ahok Jadi Tersangka

Ervina Anggraini, CNN Indonesia | Rabu, 16/11/2016 13:05 WIB
Ragam Reaksi Netizen di Twitter Setelah Ahok Jadi Tersangka Calon Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama . (Foto: CNN Indonesia/Safir Makki)
Jakarta, CNN Indonesia -- Pasca ditetapkan sebagai tersangka kasus penistaan agama oleh Badan Reserse Kriminal Polri, Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menjadi sosok yang paling banyak diperbincangkan oleh netizen di Indonesia.

Pantauan CNNIndonesia.com, netizen menunjukkan reaksi dengan memberikan dukungan yang ditunjukkan dari beberapa tanda pagar (tagar) seperti #Ahok, #KamiAhok, Tersangka, #PenjarakanAhok, #AhokJadiTersangka, dan #Basuki Tjahaja Purnama yang memuncaki lini masa Twitter pada Rabu (16/11).

Tidak sedikit netizen yang mengibaratkan penetapan Ahok sebagai tersangka hanya merupakan kasus yang dipaksakan. Sosok Ahok diibaratan sebagai martir di tengah pro dan kontra dugaan penistaan agama.


"Ahok ibarat Martir demi pertempuran antara yg baik dan yg batil, Kebenaran akan selalu menemukan jalannya #KamiAhok," tulis pemilik akun @irfan_becks23.


Ada juga netizen yang mengaku penetapan Ahok sebagai tersangka sejatinya sudah bisa diprediksi jauh-jauh hari.

@Mounte_Cristo menulis, "as predictions the police will let the judge settle of #Ahok case. Police won't stake their reputation for this case."

Meski begitu, tidak sedikit netizen yang mengaku penetapan tersangka tetap tidak melunturkan dukungan terhadap Ahok untuk maju menjadi calon Gubernur DKI Jakarta.

"Yasudahlah, suka-suka elu. Yang penting, walau Ahok jadi tersangka, gue tetep dukung Ahok. #KamiAhok," tulis @rakadav.

Dukungan serupa juga dilontarkan oleh @budi60 yang mengatakan penetapan status tersangka justru menjadikan pendukung Ahok kian kompak.

"Dengan dijadikannya Ahok tersangka, semakin menjadikan kami solid untuk dukung anda Ahok.#KamiAhok," tulisnya.

Ada juga pecinta klub sepakbola Chelsea yang memplesetkan jargon klub Liverpool (You Never Walk Alona) untuk menunjukkan dukungan kepada Gubernur nonaktif DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama.

"Walaupun gw pendukung Chelsea tapi demi Ahok saya ikutan deh YNWA Pak Ahok #KamiAhok," pungkas pemilik akun @rogaradjagukguk.

Menariknya, penetapan mantan Gubernur Belitung Timur ini disebut akan menjadikannya sosok yang lebih besar dan berpengaruh di masa depan. Yaya Budiono mengibaratkan Basuki Tjahaja Purnama sebagai sosok Nelson Mandelan kedua yang berpotensi menjadi orang nomor satu di Indonesia.

"Ahok is like Nelson Mandela. He will lead Indonesia!! #KamiAhok," ungkap @yayabudiono.

Di sisi lain, ada pihak yang mengaku puas dengan penetapan Ahok sebagai tersangka kasus penistaan agama.

Pemilik akun @BangGolam menulis, "Ahok jadi tersangka, Berarti bner kan dia tlah menistakan agama, cuma org yg gk cinta damai yg dukung Ahok! #DukungFatwaMUI #AhokTersangka."

Sebelum ditetapkan sebagai tersangka, Polri menerima 14 laporan terkait dugaan penistaan agama atas ucapan Ahok yang mengutip Surat Al Maidah:51 di Kepulauan Seribu, Jakarta Utara. Meski begitu, pihak kepolisian diketahui belum akan menahan Ahok untuk saat ini.

Dengan penetapan statusnya sebagai tersangka, Ahok dilarang bepergian ke luar negeri dan kasus akan dilanjutkan ke tahap penyidikan yang akan dimulai hari ini (16/11). (evn/evn)