Data Melonjak, Telkomsel Siapkan 723 BTS Jelang Tahun Baru

Hani Nur Fajrina, CNN Indonesia | Jumat, 25/11/2016 18:35 WIB
Data Melonjak, Telkomsel Siapkan 723 BTS Jelang Tahun Baru Ilustrasi BTS (Foto: CNN Indonesia/Susetyo Dwi Prihadi)
Bandung, CNN Indonesia -- Menjelang perayaan Natal dan pergantian tahun, Telkomsel mengaku siap membangun menara BTS baru di sejumlah titik konsentrasi terpadat demi menjaga layanannya agar tetap prima.

"Tahun ini kita mempersiapkan sebanyak 723 BTS baru untuk jaringan 2G, 3G, dan 4G untuk peak tahun baru," ucap VP Network Management Paulus Djamitko saat acara Media Gathering di Bandung.

Langkah ini merupakan upaya perusahaan demi antisipasi lonjakan data yang bakal terjadi dengan prediksi dua kali lipat dibandingkan tahun lalu.


"Jumlah BTS baru ini meningkat dadi tahun lalu yang hanya 687 BTS. Data pun bakal naik sekitar 128,77 persen dibanding tahun lalu," imbuh Paulus.

Dari penuturannya, BTS baru tersebut bakal tersebar di berbagai pusat konsentrasi sebanyak 665 titik keramaian. Wilayah tersebut melingkupi Medan, Palembang, Bandung, Yogyakarta, Bali, Ambon, dan tentu saja Jakarta.

Berbanding dengan layanan data, lalu lintas layanan 'konvensional' seperti pesan SMS diprediksi bakal turun 14,21 persen.

Pun begitu dengan trafik layanan voice atau suara yang diramalkan akan sebanyak 1,568 miliar unit.

"Trafik panggilan suara sebetulnya mengalami penurunan dibanding tahun lalu untuk periode yang sama sebanyak 2,89 persen," ucap Paulus.

Sekadar diketahui, per kuartal ketiga 2016 Telkomsel telah menambah sekitar 20 ribu menara BTS yang tersebar di berbagai daerah Indonesia demi perluasan jaringannya.

(tyo)