Saingi Google Maps, Peta Digital Apple Manfaatkan Drone

Hani Nur Fajrina | CNN Indonesia
Jumat, 02 Dec 2016 16:06 WIB
Demi meningkatkan performa layanan peta digitalnya setara Google Maps, Apple memanfaatkan drone untuk mengumpulkan data. Ilustrasi Google Maps. (Pexels/Pixabay)
Jakarta, CNN Indonesia -- Raksasa teknologi Apple berencana manfaatkan drone dan fitur navigasi baru untuk meningkatkan layanan peta digital Maps miliknya. Tentu saja langkah ini demi mengejar ketinggalan dari Google Maps.

Apple sedang dalam proses pembentukan tim robotika dan ahli pengumpul data yang nantinya bakal menggunakan drone untuk menangkap dan memperbarui informasi peta agar lebih cepat.

Fungsi drone Apple juga berguna untuk memeriksa rambu lalu lintas, perubahan jalur jalan, dan memonintor apabila ada suatu area yang sedang diperbaiki.


Data yang terkumpul tersebut akan dikirim ke tim Apple yang bakal memperbarui Maps agar informasi yang diterima oleh pengguna selalu fresh.

"Agar informasi yang diterima lebih menyeluruh dan cepat, kami memang harus mengumpulkan data sendiri ketimbang menerima dari berbagai operator, seperti apa yang dilakukan Google selama ini," ucap sumber terdekat Apple, seperti dikutip dari portal berita Bloomberg.

Selain pemanfaatan drone, Apple juga mengembangkan fitur baru untuk Maps, termasuk pandangan dari dalam gedung dan peningkatan pada navigasi mobil.

Sekadar diketahui, lima tahun setelah Google Maps hadir di iPhone, aplikasi peta digital milik Apple diperkenalkan pada 2012.

Sayangnya Apple Maps sering mengalami eror dan kesalahan lokasi bandar udara. Apple pun dinilai memang tidak apik dalam transfer teknologi untuk peta digitalnya.

Apple kini harus mendapatkan restu dari Federal Aviation Administration (FAA) sebelum perusahaan berbasis Cupertino, California itu menerbangkan drone ke angkasa.

Hingga saat ini belum ada ancang-ancang Apple akan membuat drone sendiri. (hnf/hnf)
TOPIK TERKAIT
ARTIKEL TERKAIT
BACA JUGA
Lihat Semua
SAAT INI
BERITA UTAMA
REKOMENDASI
TERBARU
LAINNYA DI DETIKNETWORK
LIVE REPORT
LIHAT SELENGKAPNYA
TERPOPULER