Toyota Belum Hentikan Produksi Etios Valco

Susetyo Dwi Prihadi, CNN Indonesia | Rabu, 21/12/2016 07:12 WIB
Toyota Belum Hentikan Produksi Etios Valco Toyota Etios. (Toyota Astra Motor)
Jakarta, CNN Indonesia -- Sempat terdengar perihal Etios Valco sudah tidak diproduksi lagi oleh Toyota lantaran penjualannya terus menurun dari tahun ke tahun. Akan tetapi hal itu tak menjadi kenyataan.

Hal tersebut dibantah secara langsung oleh pihak PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN), pasalnya, sampai di akhir tahun 2016 ini, permintaan di pasaran Indonesia masih terus berjalan.

"Kita masih produksi ya, karena masih ada permintaan. Kita masih produksi 10 unit perhari," kata Nandi Julyanto, Director of Production Engineering and Karawang Plant, di Karawang, Jawa Barat. Senin (19/12).


Mengacu pada data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) penjualan Etios Valco secara wholesale (pabrik ke diler) sebanyak 3.138 unit pada periode Januari-Oktober 2016.

Sepanjang 10 bulan di tahun 2016 penjualan Etios tertinggi ada di Januari yakni sebanyak 420 unit. Namun memasuki bulan berikutnya hingga Juni penjualannya terus menurun berada di kisaran 200 unit.

Pada Juli, penjualan kembali naik walaupun tipis yaitu sebesar 288 unit dari bulan sebelumnya yaitu 281 unit. Tak bertahan lama, di bulan berikutnya penjualan kembali turun. Sedangkan pada Oktober turun cukup drastis yaitu menjadi 129 unit.

Namun Nandi menambahkan bahwa pabrik plant 2 akan tetap memproduksi Etios hingga tahun depan, "Tahun depan kalo memang masih ada permintaan seperti sekarang, ya kita pertahankan. Saat ini masih ada, sampai tahun depan tetap masih ada yang memesan Etios." Tutup Nandi.

Sebagai informasi, Etios merupakan salah satu mobil bersejarah bagi TMMNI, pasalnya TMMNI akan mendapatkan izin dari pihak prinsipal Jepang untuk membangun pabrik plant 2 jika tetap memproduksi Etios.

Hingga saat ini, mobil berukuran kecil tersebut berhasil menjual hingga 31.500 unit. Sepanjang tahun 2016, pabrik plant 2 milik TMMIN berhasil memproduksi Etios hingga 3.100 unit. Jumlah tersebut menjadi total produksi yang terendah dibandingkan dengan Vios dan Sienta yang diproduksi di pabrik yang sama.

(Tat/tyo)


BACA JUGA