Tri Prediksi Lonjakan Trafik OTT Capai 70 Persen Jelang Natal

Ervina Anggraini & , CNN Indonesia | Kamis, 22/12/2016 10:01 WIB
Tri memprediksi lonjakan trafik layanan OTT messaging dan media sosial akan meningkat hingga 70 persen selama periode Natal dan Tahun Baru. Hutchison Tri Indonesia. (Foto: CNN Indonesia/Ervina Anggraini)
Jakarta, CNN Indonesia -- Jelang libur perayaan Natal 2016 dan malam pergantian tahun 2017 PT Hutchison 3 Indonesia (Tri) memaksimlakn infrastruktur miliknya untuk menghadapi lonjakan trafik.

Tri memprediksi lonjakan trafik layanan OTT messaging dan media sosial akan meningkat hingga 70 persen selama periode tersebut.

Prediksi tersebut bukan tanpa alasan, mengingat tren yang terjadi selama empat tahun terakhir mencatat peningkatan data, khususnya akses layanan OTT messaging dan media sosial tertinggi ketimbang layanan lainnya.



Desmond Cheung, CTO Hutchison 3 Indonesia memastikan persiapan infrastruktur dilakukan untuk menjaga kepuasan pelanggan dalam berkomunikasi selama momen liburan Natal dan Tahun Baru.

"Tri berupaya mempersiapkan infrastruktur dan semua layanan pendukungn menghadapi lonjaan trafik yang mungkin terjadi pada hari Natal dan malam pergantian tahun," ungkap Cheung melalui keteranga tertulis.

Sekedar informasi, pada hari biasa di luar momen Natal dan Tahun Baru trafik data yang ditampung oleh jaringan Tri mencapai 1.700 - 1.800 TB (Terabyte) per hari.

Selain melakukan persiapan dari sisi jaringan dan infrastruktur, Tri juga memastikan semua layanan bisa berjalan dengan baik di jaringan 2G, 3G, dan 4G di kota-kota tujuan wisata dan mudik.


Sejumlah titik seperti jalur pantura, jalur selatan, dan jalur penghubung lainnya dipastikan telah dilakukan peningkatan kualitas jaringan untuk mengakomodir kebutuhan komunikasi pelanggan.

"Antisipasi lonjakan trafik pada puncak malam pergantian tahun telah kami antisipasi dengan meningkatkan kapasitas di sejumlah tempa fasilitas umum seperti terminal, pelabuhan, bandar udara, stasiun kereta api, dan pusat perbelanjaan," ungkapnya.

Sebagai tambahan, Tri juga akan menempatkan mobile BTS di sejumlah titik keramaian pada momen perayaan Natal dan malam pergantian tahun nanti. (evn)
TOPIK TERKAIT
REKOMENDASI
LAINNYA DI DETIKNETWORK